logo


Komisi II: Fit and Proper Test Arief Hidayat Sesuai Aturan

Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper test) calon hakim konstitusi dengan kandidat Arief Hidayat

6 Desember 2017 16:54 WIB

Anggota Komisi II DPR, Arteria Dahlan.
Anggota Komisi II DPR, Arteria Dahlan. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon hakim konstitusi dengan kandidat Arief Hidayat.

Politisi PDIP, Arteria Dahlan, mengatakan bahwa mekanisme yang ada di Komisi III DPR telah berjalan dengan disiplin dan taat azas, karena DPR RI telah bertransformasi menuju Parlemen modern.

"Tidak ada lembaga atau kementerian yang lebih terbuka dan transparan daripada DPR. Itulah sebabnya kritik dan saran relatif lebih banyak menghujani Parlemen dibandingkan eksekutif,” ujar Arteria usai menghadiri fit and proper test calon hakim konstitusi di ruang Komisi III DPR RI, Jakarta, pada hari Rabu (6/12).


Survei Indo Barometer: PDIP Jauh Mengungguli Golkar dan Gerindra

Oleh karena itu, Anggota Komisi II DPR RI ini justru mempertanyakan bagian mana yang dianggap bermasalah di dalam proses fit and proper test terhadap Arief Hidayat.

"Bicara regulasi, saya pastikan proses ini sesuai aturan, sesuai kewenangan dan dilaksanakan melalui mekanisme sebagaimana diatur dalam Undang-Undang MD3, Tatib DPR maupun UU MK,” tuturnya.

"Bicara masalah prosedur, ini kan sudah on the track penuh kehati-hatian dan kecermatan sesuai mekanisme, bahkan dilakukan berkali-kali pleno, sempat ditunda berkali-kali dengan mufakat bulat. Sehingga, agak janggal kalau ada yang mempermasalahkan,” pungkasnya.

Datangi DPR, Arief Hidayat Bantah Lakukan Lobi Agar Dapat Kembali Jabat Hakim MK

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata