logo


Marsekal Hadi Tjahjanto Resmikan Lima Monumen Pesawat di Lanud Adisutjipto

Monumen tersebut sengaja dikumpulkan guna mengingat sejarah perjalanan AU dilihat dari alat utama sistem persenjataan (alutsista) bagi generasi penerus

4 Desember 2017 16:37 WIB

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI hadi Tjahjanto meresmikan monumen karbol di Akademi Angkatan Udara (AAU) dan lima monumen pesawat operasi di museum pusat TNI AU dirgantara mandala komplek Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (3/12)
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI hadi Tjahjanto meresmikan monumen karbol di Akademi Angkatan Udara (AAU) dan lima monumen pesawat operasi di museum pusat TNI AU dirgantara mandala komplek Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (3/12) Dok. Dispen AU

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COMKepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan lima monumen pesawat operasi di museum pusat TNI AU dirgantara mandala komplek Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (3/12). Monumen tersebut melengkapi keberadaan monumen lainnya yang sudah ada di tempat tersebut.

Menurut Hadi, monumen tersebut sengaja dikumpulkan guna mengingat sejarah perjalanan AU dilihat dari alat utama sistem persenjataan (alutsista) bagi generasi penerus. Sebab dirgantara sekarang ini bukan bagian dari ruang yang kosong tetapi ruangan yang memiliki nilai ekonomi yang harus dipertahankan.

"Untuk itu, nilai-nilai sejarah yang ada di negara kita yang akan diberikan kepada seluruh masyarakat pada umumnya dan khususnya keluarga besar TNI AU," jelasnya.


Marsekal Hadi Resmikan Monumen Karbol di Akademi Angkatan Udara

Selain itu, diharapkan dengan adanya monumen ini bisa menambah daya tarik wisata, sebagai tujuan wisata pendidikan.

Sementara itu, Kepala Muspurdirla Kolonel Sus Dede Nasrudin mengatakan, koleksi pesawat di museum tersebut ada 56 pesawat dan akan terus bertambah karena ada lima tambahan koleksi pesawat lagi, diantaranya pesawat fokker 27 dan fokker hunter. Sehingga jumlahnya menjadi 61 koleksi pesawat.

"Hal ini yang menjadikan Muspurdirla menjadi museum pesawat terbesar di Asia Tenggara," katanya.

Jubir Presiden Ungkap Alasan Jokowi Ajukan Hadi Tjahjanto Sebagai Calon Panglima TNI

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata