logo


Gubernur BI Sebut 3 Tantangan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Agus Martowardojo, menyebut era digital akan mengubah aspek kehidupan manusia, seperti cara membuat keputusan, cara berinteraksi, dan mendorong model bisnis baru yang lebih inovatif

29 November 2017 07:45 WIB

Agus Martowardojo.
Agus Martowardojo. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMMenurut catatan Bank Indonesia ada tiga tantangan yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, antara lain sektor riil, keuangan, dan digital.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, menyebut era digital akan mengubah aspek kehidupan manusia, seperti cara membuat keputusan, cara berinteraksi, dan mendorong model bisnis baru yang lebih inovatif. Pada akhirnya, perkembangan teknologi digital bisa berdampak pada pengurangan lapangan tenaga kerja.

“Sebab teknologi digital menawarkan perluasan akses, kecepatan transaksi, dan biaya yang murah,” kata Agus dalam Pertemuan Tahunan BI 2017 di Assembly Hall Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (28/11).


Meningkatnya Permintaan Domestik dan Global, Industri Manufaktur Tumbuh Signifikan

Pada sektor riil, Agus mengatakan tantangan yang dihadapi adalah ekspor yang masih mengandalkan mayoritas komoditas sumber daya alam. Menurutnya, masih banyak industri yang belum siap.

“Ekspor kita masih mengandalkan komoditas sumber daya alam mentah, yang dalam catatan kami pangsa ekspor terkait komoditas itu lebih dari 50 persen,” katanya.

Tantangan di sektor keuangan terkait sumber pembiayaan dalam negeri yang masih terbatas untuk membiayai proyek jangka menengah-panjang guna meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing nasional.

“Keterbatasan ini mendorong ketergantungan terhadap luar negeri dalam pembiayaan pembangunan,” kata Agus.

Jokowi: Jangan Banyak UU, Nambahi Ruwet

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata