logo


10 Fakta Unik Kelinci

Hewan yang memiliki masa hidup 5-10 tahun ini banyak diternakkan di Lembang sebagai ternak hias

30 Desember 2014 11:13 WIB

Kelinci hias
Kelinci hias

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai hewan yang lucu, kelinci termasuk hewan yang banyak dipelihara. Tak ayal penggemar kelinci terutama kelinci hias pun semakin banyak.

Nah, kelinci sendiri dibedakan dari jenis bulu. Ada yang berbulu lebat dan berbulu pendek. Di Indonesia, kelinci kemungkinan besar dikenal sejak Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1835. Makanya kata ‘kelinci’ sendiri berasal dari bahasa Belanda konijntje yang artinya ‘anak kelinci’.

Padahal pada faktanya adalah kelinci sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak lama yakni di Sumatera disebut kelinci Sumatera (Nesolagus netscheri). Pada waktu Indonesia mulai mengenal kelinci, kelinci merupakan ternak hias. Sampai akhirnya, kelinci pun diternakkan untuk diambil dagingnya.


NasDem Minta Pemerintah Perhatikan Petani Ternak Sapi Perah

Hewan yang memiliki masa hidup 5-10 tahun ini banyak diternakkan di Lembang sebagai ternak hias. Yang tidak laku dijual sebagai ternak hias akan dijual dagingnya. Penggemar daging kelinci juga tidak sedikit. Sebagai bukti di Lembang dan Sumedang, sate kelinci menjadi favorit konsumen.

Ada banyak fakta menarik tentang kelinci, hewan lucu yang digemari oleh banyak orang ini. Tidak sedikit juga mitos-mitos yang mengikutinya. Apa saja itu? Mari kita bedakan antara fakta dan mitos tentang kelinci.

1. Memegang kelinci yang paling tepat adalah di telinganya.

Pada faktanya adalah telinga kelinci itu sensitif sekali. Di situ terhubung dengan urat syaraf karena dekat dengan kepala. Kelinci bisa stres dan merasa sakit jika manusia menarik telinganya.
    
2. Pendengaran kelinci sangat tajam

Karena pendengarannya yang sangat tajam, sehingga Kelinci tidak perlu memutar kepalanya ke belakang untuk mengetahui apa yang ada di belakang mereka.
    
3. Kelinci pemecah rekor

Ada kelinci yang bisa memecahkan rekor lompatan tertinggi yakni setinggi 1 meter dan lompatan terjauh adalah 3 meter. Kelinci terpanjang adalah 31,125 inchi di Amerika Utara.
    
4. Kelinci diizinkan diperlihara di Gedung Putih Amerika Serikat

Iya, Presiden Lincoln memberikan izin kepada anaknya untuk memelihara kelinci di Gedung Putih Amerika Serikat. Wah, hebat!

5. Kelinci memiliki kecepatan mengunyah yang fantastis

Gigi kelinci memang seolah jadi trade-mark. Iya, karena bentuk giginya tersebut, kelinci mampu mengunyah makanan sebanyak 120 kali per menit!

6. Kelinci melahirkan 20-40 bayi per tahun

Hewan kelinci memang terkenal dengan kecepatan populasinya yang tinggi. Kelinci mampu melahirkan hingga 40 bayi per tahun. Bayangkan!

7. Kelinci dapat terkena penyakit osteoporosis

Jangan kira hanya manusia yang bisa terkena penyakit tulang keropos, kelinci juga bisa! Jika kelinci kekurangan gerak, mereka dapat mengalami tulang keropos. Oleh karena itu, kelinci harus bergerak minimal 4 jam sehari.

8. Kelinci suka dengan sayuran yang sudah agak layu

Tahukah Anda bahwa kelinci menyukai sayuran yang sudah agak layu? Silakan tunjuk tangan siapa yang selama ini saking sayangnya pada kelinci, sampai-sampai memastikan sayurannya harus yang paling segar?

9. Perkawinan kelinci harus pada jam dingin

Kelinci pada faktanya bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Tetapi, suhu lingkungan sekitarnya berpengaruh terhadap keberhasilan perkawinan kelinci, khususnya di daerah panas. Tahukah Kamu kalau jam yang paling baik untuk melakukan perkawinan kelinci adalah pada saat suhu dingin yakni jam 6-8 pagi atau jam 6-8 malam?

10. Anak kelinci akan terus tertidur sampai dibangunkan oleh induknya

Anak-anak kelinci biasanya disembunyikan oleh induknya di semak-semak untuk menghindari predator. Mereka pun terus tidur sampai dibangunkan oleh induknya. Biasanya kelinci menyusui anak-anaknya sekali dalam sehari.

 

Jajaki Bisnis Peternakan, Mayjen (Purn) Suharno Belajar Hingga ke Negeri Orang

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid