logo


Ini Lho 7 Fakta Unik Kopi

Arabica mempunyai rasa yang lebih kaya walaupun dengan kadar kafein lebih sedikit dari Robusta

29 Desember 2014 16:12 WIB

Fakta unik kopi
Fakta unik kopi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anda pecinta kopi? Tentu Anda akan menikmati minum kopi di sore hari saat melepas penat sehabis bekerja.

Dan di dunia ini hanya ada dua jenis kopi yang populer. Pertama adalah kopi berjenis Arabika dan kedua adalah kopi berjenis Robusta.

Perbedaan antara robusta dan arabika adalah, jika arabika memiliki rasa yang lebih kaya dan aroma kuat dengan kadar kafein yang lebih rendah dari robusta. Sedangkan robusta punya rasa yang lebih ringan dan tingkat acid yang lebih rendah.


Hadir di Acara WCPF, Mentan Promosikan Kopi Indonesia

Arabica mempunyai rasa yang lebih kaya dan aroma yang lebih kencang, walaupun dengan kadar kafein yang setengah lebih sedikit dari Robusta. Sementara Robusta mempunyai rasa yang lebih ringan dan level acidity yang lebih rendah.

Selain fakta tersebut, berikut ini fakta unik tentang kopi yang perlu Anda ketahui "

1. Kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia yang berasal dari Indonesia. Kopi luwak berasal dari kotoran hewan luwak yang memakan biji kopi kemudian mereka cerna dan biji kopi itu keluar bersama kotoran. Satu kilogram Kopi Luwak kualitas terbaik bisa dibanderol sekitar US$6.600.

2. Starbuck menjadi tempat favorit buat minum kopi di dunia. Tahukah anda per bulan rata-rata konsumen berkunjung ke Starbuck enam kali per bulan. Ada sebanyak 20 % customer yang paling loyal mengunjungi sampai 16 kali per bulan.

3. Kopi juga digunakan untuk spa. Saking gandrungnya dengan kopi, di Jepang kopi sampai digunakan untuk mandi dan perawatan tubuh.

4. Kopi mengurangi risiko Parkinson dan Alzheimer. Hasil riset terbaru dari Journal of Alzheimer’s Disease di bulan Januari 2009 menunjukkan bahwa orang yang jarang meminum kopi mempunyai risiko lebih besar terkena penyakit Parkinson, Alzheimer, dan sirosis hati.

5. Atlet dilarang konsumsi kopi. Penyebab atlet dilarang  kopi karena kopi mengandung salah satu zat yang dilarang. Bila atlet positif minum kopi maka bisa terdiskualifikasi. Kadar kafein yang dilarang adalah 12 mg per milimeter dalam air seni.

6. Kopi mencegah perceraian. Di Turki, kopi ampuh untuk mencegah percecraian.

7. Cara minum kopi tiap negara itu berbeda. Di Italia orang minum kopi ekspresso dengan gula. Di Mesir mencintai kopi yang kuat dan murni. Di Austria menyukai whipped cream. Di Moroko menyukai kopi dengan merica. Di Jerman dan Swiss menyukainya dengan hot chocolate. Orang Meksiko menyukai kopi dengan kayu manis. Kalau di Indonesia minum kopi dengan memasukan bara arang panas ke dalam kopi.

 

Kementan akan Kirim Tenaga Ahli untuk Pelajari Kopi di Vietnam

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid