logo


Sukses Bebaskan Sandera di Papua, Jazuli: Terimakasih TNI-Polri

Menurutnya tim gabungan TNI-Polri masih harus memastikan dan menjamin keamanan warga asli yang menetap di dua desa tersebut.

19 November 2017 15:15 WIB

Ketua Komisi I DPR RI, Jazuli Juwaini.
Ketua Komisi I DPR RI, Jazuli Juwaini. fraksidpr.pks.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini mengapresiasi dan angkat topi atas keberhasilan tim gabungan TNI-Polri membebaskan 1.300 warga sipil yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Desa Kimbely dan Desa Banti, Mimika, Papua.

"Terima kasih TNI/Polri atas keberhasilan membebaskan sandera tanpa ada korban jiwa dari masyarakat. Ini menegaskan bahwa negara tidak kalah melawan teror," ujar Jazuli di Jakarta, Sabtu (18/11).

Menurutnya tim gabungan TNI-Polri masih harus memastikan dan menjamin keamanan warga asli yang menetap di dua desa tersebut. Untuk itu upaya melumpuhkan kelompok teror KKB tidak boleh kendor.


TNI-Polri Sukses Bebaskan Sandera di Papua, Kapolri: Terima Kasih Panglima TNI

"Upaya melumpuhkan kelompok teror KKB harus dilakukan secara efektif dengan zero korban jiwa terutama dari pihak aparat. Adapun anggota KKB yang menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI bisa diampuni setelah melalui proses hukum," jelasnya.

Jazuli menjelaskan bahwa upaya tersebut tidak mudah dan kompleks serta membutuhkan upaya komprehensif mengatasi masalah yang selama ini terjadi di Papua termasuk menghentikan atau memutus dukungan atas kelompok sparatis teroris ini.

"Sekali lagi negara tidak boleh kalah melawan teror apalagi yang jelas-jelas mengancam kedaulatan NKRI. Saya yakin TNI/Polri mampu,” tukasnya.

Diketahui tim gabungan TNI-Polri berhasil mengevakasi 347 warga sipil di antaranya dan menjamin keamanan 1000an warga yang tetap menetap di dua desa tersebut. Aksi heroik itu dilakukan setelah TNI AD dari satuan Kopasus dan Raider berhasil memukul mundur kelompok teror Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Ketua Komisi I DPR RI Apresiasi TNI-Polri yang Berhasil Bebaskan Warga Korban KKB

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Ratna Wilandari