logo


Berkas Sudah 70%, Setya Novanto Bisa Ditahan

Menurut informasi, penyidik akan menjemput paksa Novanto, karena berkali-kali mangkir dalam pemanggilannya

16 November 2017 00:15 WIB

Setya Novanto.
Setya Novanto. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COMKPK menyatakan berkas penyidikan Setya Novanto terkait kasus e-KTP sudah mencapai 70 persen.

"Saya tanyakan ke Dirtut (Direktur Penuntutan) sudah berapa persen? (dijawab) Ya 70 persen (berkas selesai). Jadi mestinya ya sudah bisa. Kan hari ini yang bersangkutan dipanggil sebagai tersangka. Kalau misalnya dilakukan penahanan, kami tidak tahu juga," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, di Gedung KPK pada hari Rabu (15/11).

Menurutnya, orang yang berstatus sebagai tersangka memang dipastikan akan ditahan. Pihak KPK dirasa mempunyai cukup bukti dalam menetapkan orang sebagai tersangka. Bahkan, upaya penahanan bisa dilakukan, bergantung strategi penyidik.


Sebut Setya Novanto Harus Punya Rasa Malu, Azyumardi Azra: Itu Adalah Tanda Orang Beriman

"Iya lah, pasti dong (ditahan). Kan sudah tersangka yang bersangkutan. Selama ini begitu, karena enggak mungkin kami mundur, kecuali atas putusan praperadilan," katanya.

Seperti diketahui, penyidik KPK dan personel Brimob mendatangi kediaman Novanto yang ada di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan. Menurut informasi, penyidik akan menjemput paksa Novanto, karena berkali-kali mangkir dari pemanggilannya sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solutions, Anang Sugiana Sudihardjo, dan pemanggilannya sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP.

Petugas KPK Mendadak Sambangi Kediaman Setya Novanto

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata