logo


Pengacara Setya Novanto: Kalau Tidak Lapor Presiden, Saya Lapor ke Siapa?

Dia meminta Presiden Jokowi untuk memahami keluhan masyarakat, sama halnya dengan Novanto yang merupakan rakyat yang harus didengar keluhannya oleh Jokowi

15 November 2017 14:03 WIB

Ketua DPR RI Setya Novanto.
Ketua DPR RI Setya Novanto. Instagram @s.novanto

JAKARTA, JITUNEWS.COMKetua DPR, Setya Novanto, bersikukuh KPK harus meminta izin dari Presiden Joko Widodo jika ingin memeriksa dirinya. Pengacara Setya Novanto, Fedrich Yunadi, membantah jika Novanto berlindung dengan alasan tersebut demi menghindari pemeriksaan KPK.

"Oh tidak dong. Sekarang kan Undang-Undang (UU) sudah menyatakan anggota dewan memang punya hak imunitas yang melekat sesuai UUD 45," kata Fredrich saat dihubungi pada hari Rabu (15/11).

Fredrich mengatakan izin dari Presiden tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Menurutnya, anggota DPR memiliki hak imunitas yang diatur dalam UUD 1945, sedangkan KPK hanya berlandaskan UU saja. Fredrich menilai jika KPK tidak mengindahkan aturan tersebut maka dinilai melawan konstitusi.


Novanto Minta KPK Izin Presiden, Jokowi: Buka Undang-undangnya

"Sekarang untuk menjaga konstitusi itu merupakan tanggung jawab siapa? Kan juga presiden dong. Kan presiden dipercaya oleh rakyat. Atas nama konstitusi namanya diangkat sebagai kepala negara. Nah, kalau kami tidak melapor ke beliau, saya melapor ke siapa?" ujarnya.

Dia meminta Presiden Jokowi untuk memahami keluhan masyarakat. Sama halnya dengan Novanto yang merupakan rakyat yang harus didengar keluhannya oleh Jokowi.

"Beliau (Jokowi) kan terkenal di dunia bahwa suka turun ke bawah. Presiden yang suka turun ke bawah ya Presiden Jokowi. Beliau kan suka mendengar keluhan rakyat. Sekarang saya tanya, Pak Setya Novanto itu rakyat bukan? Beliau kan rakyat juga, sebagai kepala parlemen," kata Fredrich.

Kembali Tak Penuhi Panggilan KPK Hari Ini, Setya Novanto Punya Alasan Lagi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata