logo


Takut Naik Pesawat? Mungkin Hal Ini Dapat Mengubah Mindset Anda

Ingin liburan jauh, tapi takut naik pesawat. Lalu bagaimana?

13 November 2017 17:14 WIB

dibaca 1045 x

Banyak orang yang merasa ketakutan ketika dihadapkan pada kenyataan bahwa dirinya harus bepergian menggunakan pesawat terbang. Berbagai pikiran tidak enak pun menggelayuti. Ingin liburan jauh, tapi takut naik pesawat. Lalu bagaimana?

Pesawat terbang merupakan moda transportasi yang diklaim paling aman lantaran memiliki risiko kecelakaan yang paling kecil. Meski demikian, berada di dalam pesawat di atas awan yang begitu tinggi tetap menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Mungkin Anda perlu membaca hal-hal berikut ini supaya bisa sedikit 'membuka mata' bahwa naik pesawat terbang tidak semenakutkan yang dikira.

Sudah Dirancang


Bahaya Kesehatan yang Mengintai Penumpang dan Kru Pesawat

Berjuluk burung besi, iya, itulah pesawat terbang, yang sudah didesain sedemikian mungkin untuk dapat 'bertahan' di atas langit sana, lengkap dengan teknologi canggih serta prosedur keamanan yang ketat. Turuti segala prosedur agar perjalanan Anda aman dan nyaman.

Turbulensi

Turbulensi terjadi ketika ada perubahan aliran udara dalam tubuh pesawat. Alhasil, akan terjadi sejumlah goncangan. Turbulensi dapat berasal dari awan, perubahan kecepatan angin, dan temperatur. Turbulensi ini tidak jauh berbeda dengan goncangan saat kita mengendarai mobil di jalanan yang bergelombang atau berlubang. Anggap saja demikian dan tidak perlu takut karena turbulensi merupakan hal wajar dalam penerbangan. Gunakanlah selalu sabuk pengaman untuk menghindari potensi cedera jika turbulensi terjadi.

Petir

Pesawat sudah memiliki penangkal petir. Jika memang ada sambaran petir, sebuah alat yang bernama static discharger akan melepaskan muatan listrik ke udara berupa percikan api. Muatan listrik tersebut tentunya tidak masuk ke dalam pesawat. Sekali lagi, hal ini juga kembali pada poin pertama di atas bahwa pesawat telah dirancang sedemikian mungkin terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi selama penerbangan.

Jangan Jadi Korban Film

Menonton terlalu banyak film kadang memang tidak baik. Begitu pula dengan film-film yang berkaitan dengan kecelakaan pesawat. Sebut saja sebagai contoh film epik "Final Destination 1", yang menggambarkan bagaimana pesawat meledak ketika terbang. Lebih baik hindari menonton film-film seperti itu. Film lain misalnya "Sully", yang mengisahkan pendaratan darurat di Sungai Hudson. Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini lebih baik ditonton untuk dijadikan pelajaran: mesin mati pun pesawat masih bisa terbang, ya kembali lagi ke poin pertama tadi, pesawat sudah didesain sedemikan mungkin. Percayalah, pilot akan melakukan yang terbaik untuk keselamatan penumpang.

Ditulis oleh: Lilly Bv

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Agar Telinga Tak Berdengung Saat Naik Pesawat

Halaman: 
Admin : Nugrahenny Putri Untari