logo


5 Tradisi Paling Unik Merayakan Natal di Dunia

Di sebagian orang di Jepang, KFC merupakan menu makan malam yang selalu dicari saat merayakan Natal

27 Desember 2014 18:08 WIB

Tradisi Pie dan Bir di Irlandia
Tradisi Pie dan Bir di Irlandia

JITUNEWS.COM - Natal biasanya dirayakan dengan Sinterklas dan pohon natal. Namun di beberapa negara ini punya tradisi unik untuk merayakan Natal, jika Anda berlibur akhir tahun ke negara-negara ini, alami sendiri aneka tradisi uniknya :

1. Tradisi Caganer di Spanyol
Kalau merayakan Natal di Spanyol, Portugal, dan Italia, mungkin Anda tak hanya akan melihat patung Yesus dan Bunda Maria. Ada Caganer, atau ‘shitter’ dalam bahasa Inggris, sebuah figurine orang sedang buang air besar. Caganer adalah figurine kecil berbentuk manusia sedang membuka celana, dan kotoran alias fesesnya tampak di bagian belakang. Biasanya Caganer disimpan di pojok meja. Tradisi Caganer sudah berlangsung ratusan tahun, dan sekarang menjadi populer dengan adanya Caganer tokoh-tokoh ternama seperti Obama dan Sarkozy.

2. Tradisi Krampus Night di Austria
Saat Natal, tradisi anak-anak di dunia adalah menunggu Sinterklas mengirimkan hadiah lewat cerobong asap. Berbanding terbalik dengan citra baik Sinterklas, beberapa negara di Eropa punya tradisi Krampus Night yang horor. Krampus dipercaya sebagai kembaran Sinterklas. Tugasnya adalah memukuli dan memberi pelajaran kepada anak-anak nakal di seluruh dunia. Pada 5 Desember tiap tahunnya, para lelaki mengenakan kostum setan yang mengerikan. Sambil mabuk, mereka berlarian di seluruh penjuru kota dan memukuli orang sekenanya menggunakan tongkat. Selain Austria, Krampus Night juga digelar di beberapa negara seperti Hungaria, Bavaria, dan Slovenia. Tradisi ini berawal dari wilayah sekitar Pegunungan Alpen.

3. Tradisi Makan KFC di Jepang
Jepang punya kuliner yang sangat kaya. Tapi tahukah Anda, kuliner apa yang mereka makan saat malam Natal? Kentucky Fried Chicken alias KFC! Menjadikan KFC sebagai menu makan malam Natal adalah tradisi bagi sebagian orang Jepang. Jadi jangan heran kalau Anda masuk ke gerai KFC, dan mereka sedang sangat sibuk menjelang malam Natal.

4. Tradisi Pie dan Bir di Irlandia
Tradisi Natal di Irlandia cukup unik. Mereka menyantap pie dan minum bir saat malam Natal, tentunya bersama keluarga. Tapi tak semua pie dan bir itu dihabiskan. Warga Irlandia meninggalkan beberapa potong pie dan sebotol bir Guinness untuk makanan Sinterklas. Bisa dibilang, itu ‘sesajen’ untuk Santa.

5. Tradisi Buang Sepatu di Republik Ceko
Tiap Natal, wanita jomblo di Republik Ceko punya tradisi unik untuk mengetahui apakah mereka akan menikah di tahun mendatang. Membelakangi pintu rumah, mereka membuang salah satu sepatu ke belakang bahu. Kalau sepatu itu mendarat pada bagian tumit menghadap pintu, tandanya ia akan tetap menjomblo tahun 

Bangunan Peninggalan Bung Karno untuk Jakarta

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah