logo


Sekda Kalbar Minta Optimalkan Pelayanan kepada Masyarakat

Keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan pada hakikatnya membicarakan proses pemerintah, keseluruhan siklus bekerjanya pemerintahan yang terbuka, akuntabel, partisipatif dan inovatif.

8 November 2017 12:15 WIB

Jitunews/Ngadri

PONTIANAK, JITUNEWS.COM – Sekretaris Daerah Kalimantan Barat (Sekda Kalbar), DR HM Zeet Hamdy Assovie, MTM., mengatakan, saat ini tuntutan masyarakat akan keterbukaan serta perkembangan teknologi yang pesat telah menciptakan situasi dimana keterbukaan pemerintahan menjadi suatu keniscayaan.

Keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan pada hakikatnya membicarakan proses pemerintah, keseluruhan siklus bekerjanya pemerintahan yang terbuka, akuntabel, partisipatif dan inovatif.

"Dalam alam demokrasi, pembangunan yang berbasiskan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat harus dipahami sebagai upaya pemerintah menjadi bagian dari solusi atas masalah rakyat," kata DR HM Zeet Hamdy Assovie saat membuka kegiatan Diseminasi penyelenggaraan daerah bagi pimpinan daerah Kabupaten/Kota se-Kalbar di Hotel Aston Pontianak, Rabu (8/11).

Dikatakannya, masalah rakyat tersebut dapat dikategorikan dalam empat kategori, yakni peningkatan pelayanan dan kualitas kesehatan hidup, peningkatan kualitas kehidupan pendidikan, dan kemampuan produktivitas sehingga dapat menciptakan pendapatan dan daya beli, serta bagaimana rakyat dapat hidup lebih bahagia.

"Dengan demikian, maka isu pembangunan infrastruktur, pengelolaan lingkungan, pembuatan regulasi dan tata kelola kebijakan pemerintahan harus ditempatkan dalam kerangka penyelesaian empat masalah tersebut," jelasnya.

Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo, Sekda sampaikan bahwa pemerintahan terbuka merupakan pilihan terbaik bagi Indonesia, dengan demikian bahwa pemerintahan di semua tingkatan dari pusat sampai ke daerah, pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Kelurahan dan Desa/institusi lain harus segera berubah ke arah pemerintah yang terbuka atau open goverment.

"Diyakini, keterbukaan dan partisipasi publik dapat mendorong perekonomian dan pembangunan, karena pemerintah telah membuka pintu lebih lebar sehingga memungkinkan semua orang dapat bertumbuh dan mengambil peluang bersama," jelasnya.

Terkait dengan pemberian pelayanan dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat, memang perlu mengoptimalkan berbagai potensi yang ada untuk dapat mewujudkannya, salah satunya adalah adanya kerja sama ataupun komitmen bersama dengan pemerintah daerah lainnya dalam mengatasi permasalahan di daerah  yang dapat menjadi potensi dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Mengingat kondisi geografis Kalimantan Barat yang begitu luas, tentunya akan berpengaruh baik pada rentang kendali pemerintahan maupun cakupan pelayanan terhadap masyarakat.

"Berdasarkan pertimbangan efisien dan efektivitas pelayanan publik, sinergi dan saling menguntungkan, peluang kerja sama antar daerah di Kalbar, perlu kita bangun dan optimalkan, agar kesenjangan dalam pelayanan publik dapat dikurangi atau bahkan teratasi," pungkasnya.

Sekda Kalbar: KTP-el Jamin Hak Konstitusional WNI

Halaman: 
Penulis : Ngadri, Riana