logo


Yuk Intip Manfaat di Balik Tanaman Jombang

Herba pendek ini disinyalir mampu memberihkan wajah hingga tumor

26 Desember 2014 14:43 WIB

Tanaman ini tumbuh pesat di kawasan yang berhawa sejuk. FOTO: ISTIMEWA
Tanaman ini tumbuh pesat di kawasan yang berhawa sejuk. FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA JITUNEWS.COM – Tanaman yang memiliki ketinggian antara 10-25 cm ini disinyalir memiliki kandungan yang banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman ini memiliki daun tunggal, ujungnya runcing, pangkalnya menyempit menyerupai tangkai daun, dan juga berbunga tunggal.

Tanaman Jombang ini memiliki rasa yang manis, bersifat dingin dan terasa sedikit ada rasa pahit. Jombang berkhasiat sebagai toksik pada liver dan darah. Selain itu, banyak yang menyebut bahwa Jombang juga memiliki khasiat antibiotik, menghilangkan bengkak, menghancurkan berbagai sumbatan, anti-radang, peluruh kencing, membersihkan panas dan racun serta dapat meningkatkan produksi empedu di dalam tubuh.

Cara Pemakaian Tanaman Jombang


​Buah Makasar Obat Darah Tinggi

Untuk memanfaatkan Jombang sebagai obat, caranya cukup mudah. Untuk obat yang diminum, Anda bisa mengambil tanaman Jombang kemudian rebus dan tumbuk sekitar 30 gram herba segar, lalu peras. Untuk mengobati penyakit kanker, tumor, dan beragam penyakit berat lainnya, sebaiknya dosisnya diperbanyak sampai 60 gram.

Untuk penggunaan akarnya, biasanya di beberapa negara, akar Jombang tersebut dikeringkan kemudian digiling sampai halus. Kalau sudah kering, ambillah 1-2 sendok teh kemudian seduhlah dengan air panas. Kalau diperlukan, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis untuk mengubah rasanya menjadi lebih enak dan tidak kesat.

Kalau dimaksudkan untuk pemakaian luar, gilinglah herba segar atau akar sampai halus. Setelah itu, kemudian bubuhkan di tempat yang sakit seperti bisul yang bengkak, payudara yang bengkak atau pada luka bakar atau Anda juga bisa menggunakan daun Jombang yang direbus, kemudian airnya digunakan untuk mandi atau menguapkan wajah. Cara tersebut sangat bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan memelihara kulit wajah dari timbulnya flek hitam dan jerawat. 

​Konsumsi Ubijalar Ungu BAB Lancar

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana