logo


Usai Diperiksa KPK, Sekda DKI Jakarta Sebut Dirinya Mengantongi Kronologi Terbitnya Dua Ranperda Reklamasi

Saat diperiksa KPK, dirinya ditanya hal-hal yang berkaitan dengan proses pembahasan dua raperda tersebut.

30 Oktober 2017 13:39 WIB

Sekda DKI Saefullah.
Sekda DKI Saefullah. beritajakarta.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari Jumat (27/10/2017) terkait penyelidikan baru dugaan korupsi Ranperda Reklamasi pada tahun 2016.

Kepada KPK, Saefullah mengaku dirinya telah menjelaskan kronologi pembahasan dua rancangan peraturan daerah (Ranperda) terkait reklamasi pulau di Teluk Jakarta.

Dua Ranperda yang dimaksud Saefullah adalah revisi Perda Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan Ranperda tentang Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (ZWP3K).

Dia mengaku bersyukur memiliki dokumen lengkap dari dua Ranperda itu.

"Untung saya bawa kronologis dari mulai pembahasan di DPRD, kita mondar-mandir lapor ke Pak Gubernur, kita bahas lagi di sana, itu terrecord semuanya, tanggal ini ngapain, tanggal ini ngapain, tanggal ini ngapain, dengan siapa, apa yang dibicarakan," ujar Saefullah di Jakarta pada hari Senin (30/10/2017).

Saefullah mengaku, saat diperiksa KPK, dirinya ditanya hal-hal yang berkaitan dengan proses pembahasan dua Raperda tersebut.

"Pertanyaannya sih sekitar apa yang dulu saya kerjakan terkait proses pembahasan Raperda Pantura itu dan RZWP3K, kan ada dua Perda. Bagaimana prosesnya, drafnya bagaimana, kajiannya bagaimana," kata dia.

Saefullah bersyukur adanya pencatatan setiap agenda pembahasan dua Raperda terkait reklamasi yang dilakukan jajarannya memudahkan dirinya untuk menjelaskan setiap pembahasan dalam Raperda itu secara detail.

"Untungnya ini semua dari tanggal ke tanggal itu tercatat. Jadi saya terima kasih kepada teman-teman. Kalau enggak, saya enggak bisa ngingat gitu, lho," tambah Saefullah.

Anies Baswedan Tegaskan akan Jelaskan Soal Reklamasi pada Saat yang Tepat

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas