logo


Ini Alasan Mengapa Kita Butuh Liburan

Sudahkah Anda berlibur tahun ini? Jika belum, sebaiknya segera agendakan liburan Anda. Penelitian menyatakan, berlibur tak hanya meningkatkan kebahagiaan melainkan juga baik untuk kesehatan...

26 Oktober 2017 16:26 WIB

Ilustrasi liburan - internet
Ilustrasi liburan - internet
dibaca 668 x

Sudahkah Anda berlibur tahun ini? Jika belum, sebaiknya segera agendakan liburan Anda. Penelitian menyatakan, berlibur tak hanya meningkatkan kebahagiaan melainkan juga baik untuk kesehatan.

Berlibur di antaranya bisa mengurangi risiko serangan jantung dan memperbaiki kualitas hubungan intim antar pasangan. Dilansir dari Themindunleashed, berikut ini 5 manfaat berlibur bagi kesehatan.

1. Mencegah demensia dan Alzheimer
Risiko mengalami Alzheimer meningkat dua kali lipat per lima tahun setelah seseorang berusia 65 tahun. Menikmati liburan adalah salah satu cara menghalau penyakit ini. Sebuah studi menemukan, kegiatan traveling bisa mencegah pikun dan Alzheimer.


TERUNGKAP! Inilah Pelaku Penyebaran Video Mesum yang Bakal Dijerat UU ITE

2. Mengurangi risiko kematian akibat penyakit koroner atau serangan jantung
Studi yang sama mencatat, perempuan yang berlibur setidaknya dua kali setahun akan lebih sedikit berisiko mengalami serangan jantung atau kematian akibat penyakit koroner dibandingkan perempuan yang berlibur tiap enam tahun sekali. Pria juga bisa mendapat keuntungan yang sama .

Dalam studi tersebut dikatakan pria yang tidak berlibur setiap tahun 20 persen lebih berisiko meninggal dan 30 persen lebih berisiko meninggal karena penyakit jantung. Jadi, semakin sering Anda berlibur, semakin baik pula kesehatan Anda.

3. Meningkatkan mood
Masih studi yang sama menunjukkan, berlibur bisa meningkatkan mood seseorang. Menurut studi, 86 persen orang yang bepergian mengklaim dapat memandang hidup secara lebih positif.

Rehat sejenak dari stres sehari-hari tentunya bisa memperbaiki mood Anda. Dan berkenalan dengan budaya baru serta memupuk rasa ingin tahu Anda juga baik untuk pertumbuhan jiwa.

4. Meningkatkan kehidupan seksual
Jika kehidupan seksual Anda terasa membosankan, berlibur bersama pasangan bisa jadi jalan keluar. Menurut penelitian yang dilakukan The Travel Effect, sepertiga dari mereka yang berlibur berhubungan intim lebih sering ketika berlibur.

5. Meredakan stres
Menurut Travel Effect, pekerja yang mengambil cuti dan berlibur lebih sedikit mengalami stres, lebih produktif, dan memiliki kepercayaan diri yang baik saat menyelesaikan tugas. Tak ada yang lebih baik dan menyenangkan dari mengambil jeda sejenak dari pekerjaan Anda. Anda akan memberi kontribusi yang lebih baik bagi perusahaan setelah berlibur.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Hal Buruk Akibat Seringnya Ngorok

Halaman: 
Admin : Satria Budi