logo


Khasiat Jitu Tanaman Patah Tulang

Semua bagian tanaman ini tak luput dari fungsi pengobatan

24 Desember 2014 13:27 WIB

Khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan cukup banyak. FOTO: ISTIMEWA
Khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan cukup banyak. FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman patah tulang (Euphorbia tirucalli) adalah jenis tanaman herbal yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias, yang dapat di manfaatkan sebagai pengobatan dari akar, batang kayu, ranting dan getahnya. Khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan cukup banyak, misalnya akar dan ranting dapat untuk menyembuhkan sakit lambung, rematik, tulang sakit, sifilis, wasir, tukak rongga hidung dan nyeri syaraf. Sedangkan batang kayunya dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit, kusta (morbus hansen), kaki dan tangan baal.

Berikut ini adalah beberapa cara pemakaian tanaman patah tulang untuk mengobati penyakit :

-    Kapalan dan kutil


Tulsi, si Daun Ajaib untuk Mengobati Keracunan Makanan

Ambil 1/2 kg dahan dan ranting patah tulang, kemudian dicuci hingga bersih dan rebus dengan 4 liter air sampai airnya berkurang menjadi 2 liter. Bagian tubuh atau kulit yang mengalami kutil atau kapalan direndam dalam air rebusan patah tulang tadi dalam keadaan hangat selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah dikeringkan oleskan param yang terbuat dari trusi yang telah ditumbuk halus dicampur putih telur, lalu dibalut. 

-    Patah tulang
Siapkan 3/4 genggam tangkai dan daun patah tulang, 1 genggam daun srigi, kemudian dicuci dan digiling halus. Lalu remas dengan 4 sendok air garam, dihangatkan sebentar. Dipakai untuk menurap bagian tubuh yang patah, lalu dibalut dengan daun bakung/kulit randu. Diganti 2 x sehari

-    Untuk penyakit frambusi

Siapkan ½ genggam patah tulang dan  ½ kepalan tangan gadung cina, kemudian dicuci dan tumbuk hingga halus. Lalu aduk dengan 1 sendok getah buah kendondong dan dua sendok makan getah buah  apaya muda. Ramuan ini kita gunakan untuk melumas atau menurap kulit yang sakit. Lakukan dua kali sehari. 

-    Sakit gigi

Ambil Beberapa tetes getah patah tulang dengan kapas yang bersih, kemudian lumaskan pada gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan terapi ini 1-2 kali sehari, hati-hati jangan sampai mengenai gigi yang sehat. 

Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Halaman: 
Penulis : Riana