logo


PAN Pertimbangkan Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo Dampingi Zulkifli Hasan di Pilpres 2019

Yandri Susanto menyebut pihaknya belum diputuskan akan tetap mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019 nanti

23 Oktober 2017 18:17 WIB

Sekretaris Fraksi PAN, Yandri Susanto, saat menjawab pertanyaan awak media di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/8).
Sekretaris Fraksi PAN, Yandri Susanto, saat menjawab pertanyaan awak media di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/8). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COMPada Rakernas PAN, Ketua Umum Zulkifli Hasan disebut-sebut sebagai salah satu calon dalam Pilpres 2019. Ketua DPP PAN, Yandri Susanto menyebut pihaknya belum diputuskan akan tetap mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019 nanti.

"Belum tentu karena Rakernas PAN di Bandung sudah bulat mengusung Bang Zul. Apakah itu capres atau sebagai cawapres nanti akan diputuskan di tahun 2018. PAN enggak ada jaminan mendukung Jokowi," kata Yandri di Gedung DPR, Senin (23/10).

"Kita ingin menawarkan Bang Zul ikut bertarung dengan paripurna. Jadi tahun depan saya kira bulan April atau Mei PAN sudah kelihatan berkoalisi dengan siapa," ungkapnya.


PKS: Sikap Amerika Sangat Melecehkan Indonesia, Tidak Menghormati Institusi TNI

Selain itu, PAN sudah mempertimbangkan beberapa nama sebagai calon di Pilpres nanti, yakni Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; dan juga Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Yandri menyebut beberapa tokoh tersebut bisa menjadi pendamping Zulkifli nantinya. 

"Kalau di internal kita perlu berkomunikasi secara implisit konstruktif dengan partai lain atau calon yang berpotensi untuk bertarung di 2019. Jadi kalau kami sih ada Pak Gatot, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan internal PAN Pak Zul," jelasnya.

Tokoh-tokoh tersebut tidak dipertimbangkan dengan asal. Hal tersebut adalah aspirasi dari kader-kader PAN, sesuai arahan dalam Rakernas untuk mencari pendamping Zulkifli Hasan.

"Waktu Rakernas di Bandung Bang Zul memerintahkan kepada seluruh kader untuk kembali ke daerah masing-masing bekerja sampai akar rumput. Nah salah satu aspirasi itu PAN berkoalisi dengan siapa. Jadi bulan April Insyaallah akan kita panggil lagi untuk melaporkan perkembangan terkini di masing-masing daerah. Apakah berkoalisi dengan siapa," kata Yandri.

PAN Tolak Perppu Ormas, Mendagri: Wajar

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata