logo


Gatot Ditolak Masuk AS, Presiden Minta Menlu Cari Tahu

Saat ini Jokowi masih mengumpulkan informasi dan belum menentukan langkah yang akan diambilnya

23 Oktober 2017 15:07 WIB

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi SP.
Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi SP. Biro Pers Setpres/Rahmat

JAKARTA, JITUNEWS.COMJuru Bicara Presiden, Johan Budi, mengatakan bahwa Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo mengenai Amerika Serikat yang menolak kedatangannya.

"Presiden memperoleh informasi hari Sabtu atau Minggu ya. Saya tidak tahu hari ini atau nanti ada pertemuan dengan Presiden, saya kurang tahu," kata Johan di Kompleks Istana Kepresidenan pada hari Senin (23/10).

Saat ini Jokowi masih mengumpulkan informasi dan belum menentukan langkah yang akan diambilnya. Johan mengatakan Presiden sudah meminta Menlu Retno Marsudi untuk meminta klarifikasi kepada pemerintah Amerika Serikat.


Panglima TNI Ditolak Masuk AS, PDIP: Sikap AS Bukan Bentuk Penghinaan

"Informasi awal sampai ke Presiden belum pure ya. Maka dari itu, kita minta Menlu untuk menanyakan secara langsung, proaktif mencari tahu," kata Johan.

Seperti diketahui, Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke wilayah Amerika Serikat saat hendak memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Joseph F. Durford, Jr.

Gatot direncanakan menghadiri undangan Konferensi Para Panglima Angkatan Bersenjata terkait Pemberantasan Kekerasan Ekstremis yang diselenggarakan pada tanggal 23-24 Oktober 2017 di Washington DC.

"Jenderal Gatot Warmthly untuk Lanjutkan Kunjungannya ke AS"

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata