logo


Anies: Relokasi Harus Pertimbangkan Beberapa Aspek

Anies mengatakan putusan relokasi bisa datang dari permintaan warga, karena mereka menganggap kondisi bantaran sungai dekat tempat tinggalnya sudah tidak layak

21 Oktober 2017 16:04 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Jitunews/Rezaldy

BOGOR, JITUNEWS.COMGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan proses relokasi warga di sekitar bantaran kali tergantung pada kasus. Tidak semua warga sepanjang bantaran kali akan direlokasi ke rusun yang tersedia.

Anies menyebut relokasi dilakukan untuk menyelesaikan beberapa kasus. Karena tidak semua bisa diselesaikan dengan memindahkan warga ke rusun.

"Semuanya dibicarakan, solusinya itu tidak harus setiap orang pindah jauh, setiap kasus beda-beda, karena itu saya selalu sampaikan, penyelesaian masalah atau kasus tidak bisa sama untuk semuanya, namanya juga kasus," kata Anies Baswedan di Bogor, Sabtu (21/10).


Sandiaga Uno Bicara Soal Tuntutan Kenaikan UMP DKI Jakarta

Menurutnya, relokasi mempertimbangkan beberapa aspek, seperti kondisi lahan dan tingkat kepadatan dari lokasi penduduk. 

"Jadi untuk tiap kasus kita lihat lahan di sana seperti apa, besarannya seperti apa, kemudian tingkat kepadatannya bagaimana, jadi jangan semua orang harus pindah ke rusun," katanya.

Anies mengatakan putusan relokasi bisa datang dari permintaan warga, karena mereka menganggap kondisi bantaran sungai dekat tempat tinggalnya sudah tidak layak.

"Bicara dengan mereka, contohnya kemarin saja saya datang saya lihat hampir semua katakan 'iya ini pak harus dilebarkan', mau tidak mau. Sungai lebarnya 6 meter sekarang lebarnya tinggal 2 meter. Jadi harus bicara," jelasnya.

Namun, Anies menganggap pengerukan menjadi solusi terbaik untuk mengurangi dampak dari banjir tahunan. Pelebaran sungai terlalu memakan waktu mengingat musim hujan akan tiba.

"Yang urgent sekarang keruk dulu. Karena untuk pelebaran perlu waktu, sekarang keruk dulu sambil satu persatu kita pastikan lebar sungainya memadai untuk air lewat," tutup Anies.

Sandiaga Uno: Hebat Banget, Pakai Sepatu Diatur Pergub

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×