logo


Di Qatar Bukan Kita yang Mencari Peluang Kerja, Justru Sebaliknya

Angka pengangguran, kemiskinan, dan korupsi di sini tergolong rendah.

21 Oktober 2017 11:37 WIB

dibaca 3748 x

Lulusan perguruan tinggi atau dikenal dengan fresh graduate adalah seseorang yang tengah berproses menapaki kehidupan selanjutnya. Target tentu telah dibuat sedemikian rupa, kelak setelah lulus dengan IPK tinggi maka pekerjaan dengan gaji tinggi akan menghampiri. Tak khayal, target itu hanyalah ekspektasi belaka ketika telah memasuki dunia kerja sesungguhnya yang amatlah sulit mendapatkannya. 

Namun, hal tersebut tak berlaku bagi negara gurun kecil di Teluk Persia yang berbatasan dengan Arab Saudi. Di Qatar justru tawaran peluang kerja melimpah sehingga penawaran kerja dari beberapa perusahaan akan mendatangi para fresh graduate. Maka tak heran negara dari awal hingga akhir pendidikan telah memberikan kemudahan memfasilitasi mereka.  

Bagi anak warga Qatar dipersilakan menempuh pendidikan di dalam negeri maupun luar negeri dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh negara. Setelah selesai sekolah, mereka bebas memilih pekerjaan apa pun di dalam negeri dengan gaji lebih tinggi daripada tenaga kerja asing. Dengan pendapatan setiap warga sekitar 150 jt per bulan. Wow mencengangkan, bukan?


3 Pekerjaan Menjanjikan Buat Kamu yang Jago Sosmed

Angka pengangguran, kemiskinan, dan korupsi di sini tergolong rendah. Maka siapa sangka kalau negara Qatar ini masuk dalam jajaran negara terkaya di dunia. Pasalnya, negara ini memiliki pendapatan ekonomi tinggi karena cadangan gas alamnya yang terbesar ketiga di dunia. 

Kita telusuri latar belakang negara Qatar sebelum menjadi negara paling makmur di dunia. Awalnya, sekitar seabad yang lalu negara Qatar bergelarkan negara termiskin dengan mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai nelayan dan ekspor mutiara. Alhasil di tahun 1971 mereka menemukan kekayaan tersembunyi yaitu gas alam sehingga akhirnya negara ini beralih mengekspor gas alam hingga makmur seperti saat ini.

Wah kira-kira di Indonesia bisa menerapkan sistem seperti ini tidak ya? Qatar memulai kemakmurannya dari keterpurukan yang mereka bangkitkan, seharusnya Indonesia dapat mengejar ketertinggalannya juga karena ia memiliki potensi alam melimpah. 

Ditulis oleh: Amalia Anzhafa

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tanda Rekan Kerja Jatuh Cinta Pada Anda

Halaman: 
Admin : Nugrahenny Putri Untari