logo


Tips Jitu Merawat Kastuba "Si Bunga Natal"

Ingin Kastuba Anda tetap prima sepanjang tahun ? Ikuti tips ini

24 Desember 2014 10:28 WIB

Kastuba
Kastuba "Si Bunga Natal" (ISTIMEWA)

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Dikenal sebagai Bunga Natal, membuat Kastuba banyak diincar berbagai kalangan menjelang perayaan Natal. Nah, bagi Anda yang memiliki tanaman kastuba di halaman rumah, tentunya tak perlu repot lagi membeli kastuba di beberapa nursery sebagai penghias Natal. Meski demikian, agar kastuba bisa dipetik lagi untuk Natal tahun depan, Anda perlu merawat kastuba Anda agar prima sepanjang tahun. Dan berikut ini adalah tips merawat "si bunga natal".

1. Syarat Tumbuh 
Kastuba dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Namun, berdasarkan pengalaman hobiis, kastuba tumbuh optimal di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

2. Media Tanam 
Media tanam untuk kastuba antara lain campuran cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan 3:1. Atau campuran cocopeat, aquapeat, dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Media tanam tersebut sebaiknya dicampur pupuk superfosfat dengan dosis 1 sdm per 5 liter media.

3. Tata Letak dan Penyiraman 
Ada baiknya kastuba diletakkan di lokasi yang mendapat sorot sinar matahari. Sebabnya, dengan sorot sinar matahari yang cukup, membuat kastuba mampu memekarkan bunga-bunga cantiknya. Sedangkan untuk kadar penyiraman, bisa dilakukan dua kali seminggu menggunakan semprotan agar media tanamn tidak rusak.

4. Pemupukan 
Untuk jenis pupuk yang cocok sebagai pakan kastuba adalah jenis pupuk slow release. Namun jenis tersebut digunakan kala kastuba masih berbentuk bibit. Ketika menumbuhkan tunas baru, Anda bisa menggunakan pupuk growmore yang memiliki NPK seimbang.

Efek Dahsyat Menaruh Tanaman Hias di Meja Kantor Menurut Peneliti

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah