logo


AWAS! Bahaya Kerokan dan Pijat Gua Sha

Masuk angin (cool wind) adalah suatu gejala tubuh yang kurang fit akibat menyimpan terlalu banyak angin. Salah satu penangannya yang sering dilakukan oleh seriap manusia adalah pengobatan dengan cara dikerok...

20 Oktober 2017 16:10 WIB

Ilustrasi kerokan
Ilustrasi kerokan
dibaca 5054 x

Masuk angin (cool wind) adalah suatu gejala tubuh yang kurang fit akibat menyimpan terlalu banyak angin. Salah satu penangannya yang sering dilakukan oleh seriap manusia adalah pengobatan dengan cara dikerok. Di luar negeri istilah ini sering disebut pijat Gua Sha yang berasal dari teknik pengobatan Cina.

Metode kerokan sering dipakai di Indonesia dengan menyiapkan sebuah logam dan mengoleskan balsem pada punggung atau bagian tubuh lain kemudian dikerok dengan memberi tekanan secara merata.


Waspada! Musim Hujan Rawan Kecelakaan

Hampir sama dengan kerokan, gua sha memberi tekanan pada bagian tubuh tertentu seperti punggung, leher, dan bahu dengan menggunakan alat berujung tumpul untuk mengerok. Yang membedakan adalah obat gosoknya yang mengandung herbal dan minyak esensial berkhasiat mengendurkan ketegangan otot dan memperbaiki sirkulasi darah.

Keduanya diyakini dapat menyembuhkan masuk angin dan pegal-pegal dengan mendeteksi akar penyakit akan keluar melalui bintik merah yang dihasilkan sehingga dapat meredakan aliran darah. 

Namun, tahukan Anda sadar atau tidak? Teknik pengobatan di atas menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah itu? 

1. Picu bakteri akibat pelebaran pori-pori
2. Masuk angin semakin parah
3. Berbahaya bagi ibu hamil karena picu kelahiran bayi prematur
4. Pecahnya pembuluh darah picu stroke

Ditulis oleh: Amalia Anzhafa

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

DIY Membuat Gel Eyeliner Ombre Hemat dan Sederhana

Halaman: 
Admin : Aurora Denata