logo


Revolusi Karakter Pelajar Indonesia.

Pendidikan Indonesia sekarang ini lebih menekankan kepada karakter yang berlandaskan nasionalisme

28 Oktober 2017 15:29 WIB

https://www.google.co.id/search?q=pelajar
https://www.google.co.id/search?q=pelajar
dibaca 1847 x

Indonesia merupakan negara yang indah dengan memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah. Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya. Terdiri dari belasan ribu pulau yang membentang luas di bawah garis khatulistiwa laksana sabuk bermata zamrud. Kekayaan Sumber daya alam tersebut terbentang ke seluruh penjuru Nusantara. Kekayaan tersebut menjadi mutiara yang tersembunyi di tanah pertiwi.  Tidak salah bila Indonesia menjadi perhatian seluruh dunia Internasional dalam berbagai bidang. Tidak terkecuali bidang pendidikan. Pendidikan Indonesia sekarang ini lebih menekankan kepada karakter yang berlandaskan nasionalisme. Kita ketahui pendidikan di Indonesia sudah banyak mengalami perubahan-perubahan yang kita kenal sebagai sebuah inovasi. Ketika kita berbicara tentang “Revolusi Karakter Pelajar Indonesia” kita ketahui sekarang ini pelaksanaan proses pendidikan di Indonesia tentu mempunyai tantangan,hambatan serta gangguan. Ketika bicara tentang revolusi, mengarahkan kita kepada suatu perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat.

Di dalam revolusi, perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan. Kita ketahui setiap pelajar di Indonesia tentu memiliki karakter yang berbeda-beda. Kita tidak mengetahui tentang bagaimana karakter pelajar Indonesia, karena karakter itu sendiri timbul dari kehidupan masing-masing. Namun, disisi lain pemerintah sudah melakukan penerapan kepada seluruh pelajar di Indonesia untuk menanamkan karakter yang berlandaskan rasa nasionalisme dan budi pekerti luhur. Jika melihat kembali apa-apa yang terjadi dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia, tentu sudah banyak menghasilkan tunas bangsa yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia dikancah dunia. Namun, tanpa kita sadari masih banyak masalah-masalah yang terjadi berkaitan dengan dunia pendidikan Indonesia. Kita bisa melihat sendiri carut-marut dunia Pendidikan di Indonesia baik yang berhubungan dengan sistem pendidikan maupun tentang masalah-masalah yang terjadi.

Pelajar Indonesia sekarang ini kebanyakan bisa dikatakan tidak memiliki karakter yang berlandaskan nasionalisme dan budi pekerti luhur. Banyak kita temukan pelajar-pelajar yang berhadapan dengan hukum, entah itu masalah pencurian, asusila, narkoba dll. Tentu ini menjadi perhatian serius bagi kita semua dan menjadi  tanggung jawab bersama. Kita sebagai pelajar Indonesia, tentu kita harus membantu teman-teman kita yang bisa dikatakan kehilangan identitas yang dimilikinya, yaitu karakter yang berlandaskan nasionalisme dan budi pekerti luhur. Disinilah perlunya suatu revolusi karakter bagi para pelajar Indonesia. Pemerintah sudah mencanangkan revolusi mental dan sekarang mencanangkan revolusi karakter bangsa. Saya sangat mendukung inovasi yang ingin dilakukan oleh pemerintah karena ini menjadi opsi yang bisa menanamkan kembali karakter nasionalisme kepada seluruh pelajar di Indonesia. Pelajar Indonesia sudah kehilangan arah dan mereka butuh suatu inovasi yang disebut dengan “Revolusi Karakter Pelajar Indonesia” untuk mengembalikan identitas mereka sebagai pelajar yang berkarakter. Menurut saya, bentuk revolusi karakter itu sendiri bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana seperti:


Buat Pipimu Merona dengan Buah

-Revolusi karakter melalui tangan dipresentasikan dengan tangan peduli sesama, tangan yang tulus memberi, menjalin silaturahmi, menyayangi sesama dan tangan yang ringan menolong.

-Revolusi karakter melalui mulut yang dipresentasikan melalui tulus mendoakan, lembut menasehati, selalu berempati, mulut yang tersenyum, ramah menyapa dan jujur.

Hal-hal yang sederhana ini akan menghasilkan dampak dan manfaat positif terhadap karakter pelajar Indonesia. Jika itu dilaksanakan tentu itu akan menjadi kebiasaan sehingga menjadi sebuah karakter. Untuk mendukung itu semua, pemerintah tentu harus melakukan revolusi karakter bangsa bagi para pelajar melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan rasa cinta tanah air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia. Harapan kita semua Revolusi Karakter mampu memberikan hasil yang sangat positif dan menjadi langkah untuk mewujudkan Pelajar Indonesia yang berkarakter. 

Ditulis oleh: Alfan Thoriq

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Implementasi Budaya Literasi Buku sebagai Penunjang Masa Depan

Halaman: 
Admin : Aurora Denata