logo


Ditanya Soal Pidato 'Pribumi', Begini Jawaban Jokowi Sambil Tertawa

Presiden Joko Widodo dimintai komentar oleh para wartawan terkait kata-kata 'pribumi' yang diungkapkan oleh Anies Baswedan.

19 Oktober 2017 02:00 WIB

Presiden Jokowi mencoba salah satu pelayanan Perpusnas, saat meresmikan gedung layanan fasilitas Perpusatakaan Nasional, di Jakarta, Kamis (14/9) siang.
Presiden Jokowi mencoba salah satu pelayanan Perpusnas, saat meresmikan gedung layanan fasilitas Perpusatakaan Nasional, di Jakarta, Kamis (14/9) siang. Setkab.go.id

BANDUNG, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo diminta untuk berkomentar perihal penyebutan kata 'pribumi' oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beberapa hari yang lalu. Namun, mantan Wali Kota Solo itu hanya menjawab dengan singkat dan disertai dengan tawa.

"Tanyakan ke Pak Anies," jawabnya sambil tertawa saat ditemui di sela kegiatannya di Persis, Bandung.

Jokowi enggan menanggapi lebih lanjut pertanyaan wartawan dan langsung melenggang pergi. Sementara itu, diberitakan sebelumnya bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut kata 'pribumi' pada pidato pertamanya usai dilantik.


Jimly Asshiddiqie: Boleh-boleh Saja Pribumi di Pidato Politik

"Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan (dijajah). Kini telah merdeka, saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata Anies.

Namun, hal itu dipermasalahkan oleh segelintir orang yang menganggap hal itu sebagai rasis. Bahkan mantan Mendikbud itu dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait kata-kata itu.

Strategi Jokowi-JK Atasi Ketimpangan Ekonomi

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari