logo


Kehadiran Robot Jurnalisme di Festival Media AJI 2017

Di dalam program ini tafsiran dan alur penulisannya mudah dibaca oleh manusia.

13 Oktober 2017 13:11 WIB

Ilustrasi robot jurnalisme
Ilustrasi robot jurnalisme
dibaca 494 x

Jurnalisme tak hanya melulu dengan kegiatan mencari, meliput, mengelola serta menyebarkan berita, tapi juga untuk mengikuti arus globalisasi ke arah masa depan. Kini jurnalisme telah memantapkan untuk mengembangkan teknologinya bukan hanya pada manusia saja, melainkan robot untuk bisa mengkredit dan mencegah terjadinya faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas berita seperti berita yang merujuk pada provokasi, hoax, penghasutan, hate speech, dan lain sebagainya.

Dengan merancang suatu sistem kecerdasan buatan untuk komputer atau yang disebut perangkat lunak Artifical Intelligence. Penggunaan sistem ini dilakukan sebagai pengendalian dan pengkonstruksian yang membutuhkan perilaku cerdas. Di dunia jurnalisme ada yang dinamakan dengan jurnalisme otomatis atau alogaritmik di mana sistem pembuatan berita yang dilakukan oleh komputer dengan mem-filter beberapa keyword atau kata kunci dari berbagai sumber terpercaya sehingga menciptakan tulisan yang baru.

Lebih singkatnya, dari jurnalisme robot ini berita diproduksi secara otomatis oleh robot, bukannya reporter manusia. Di dalam program ini tafsiran dan alur penulisannya mudah dibaca oleh manusia.


Berita Palsu dan Disiplin Verifikasi

Secara tak langsung tenaga manusia berkurang dengan adanya sistem ini. Anggapan profesi wartawan robot kerap kali dipertanyakan. Namun, dengan adanya suatu sistem ini, tugas wartawan sebagai pembuat atau pun penghimpun berita memang kalah canggih tapi tak menutup kemungkinan suatu sistem tak akan berjalan tanpa adanya manusia sebagai penggerak.

Robot jurnalisme ini akan dibahas di Festival Media AJI 2017 pada 23 November 2017 mendatang, berlokasi di Grha Soloraya, Solo.

Ditulis oleh: Amalia Anzhafa

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

AJI Jakarta Nilai Tindakan Brigjen Aris Budiman Telah Mengancam Kebebasan Pers

Halaman: 
Admin : Nugrahenny Putri Untari