logo


Nasihat Penting Rasulullah Agar Doa Kita Terkabul

Kekuatan spiritual merupakan energi yang harus menjadi keseharian hidup manusia. Sejak dilahirkan hingga akhir hayatnya...

13 Oktober 2017 09:45 WIB

konsultasisyariah.com/Ilustrasi Berdoa
konsultasisyariah.com/Ilustrasi Berdoa
dibaca 7808 x

Kekuatan spiritual merupakan energi yang harus menjadi keseharian hidup manusia. Sejak dilahirkan hingga akhir hayatnya. Dalam hal itu, doa menempati posisi yang penting dan sangat dianjurkan. Untuk dapat dikabulkan olehNya, berdoa tentu memiliki kiat-kiat tertentu.

Nizar Abazhah, dalam bukunya berjudul Syakhshiyyah al-Rasul, mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW sangat mendorong para sahabat untuk senantiasa berdoa seraya mengatakan, "Mintalah kepada Allah karunia-Nya, karena Allah senang bila diminta." (Kanz 'Ummal, 18022)

Rasulullah pun berpesan, agar doa dapat dikabulkan, beliau menkankan dua hal. Pertama, berdoa dimulai dengan memuji Allah dan bershalawat kepada Nabi. Rasulullah pernah bersabda, "Jika kalian berdoa, mulailah dengan memuji dan menyanjung Allah, lalu membaca shalawat kepada Nabi, setelah itu berdoalah sesukamu." (Kanz 'Ummal, 18022)


Hilangkan Baret pada Body Kendaraan dengan Sentuhan Jari

Kedua, berdoalah lebih banyak ketika lapang. Ya, Rasulullah SAW mengajarkan kita agar tidak berdoa di kala sedang sulit saja. Justru ketika kita sedang dalam keadaan lapang, di situlah kita harus memperbanyak doa. Hal ini berdasarkan sabdanya, "Siapa ingin doanya dikabulkan Allah di kala sulit dan gundah, perbanyaklah berdoa di kala mudah." (Kanz 'Ummal, 18022)

Jelaslah bagi kita, begitu penting berdoa dalam keadaan sulit dan terutama dalam keadaan lapang. Manusia tentu memiliki keterbatasan sebagai hamba-Nya. Segala urusan yang berhubungan karir, kesehatan, keuangan dan yang lainnya selalu memiliki hambatan dan kesulitan. Rasulullah SAW pun mengingatkan agar para pengikutnya yakin dan tidak henti-hentinya berdoa. Dalam sabdanya, "Barang siapa tidak meminta kepada Allah, Dia marah." (H.R. Ibn Majah)

Lalu, "Tak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah daripada doa," sabdanya lagi. (H.R. al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad). So, sudahkah Anda berdoa hari ini?

Bagaimana menurut Anda?

Ditulis oleh: Herman

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Ngeri! Inilah 8 Tanda Ada Makhluk Halus di Sekitarmu

Halaman: 
Admin : Ratna Wilandari