logo


7 Fakta Unik Daun Rumput Pegagan

Pegagan dikenal bernama latin Centella asiatica Linn Urban/Hydrocotyle asiatica, Linn/Pasequinus, Rumph

23 Desember 2014 14:01 WIB

Tanaman herbal pegagan
Tanaman herbal pegagan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman rumput ini mudah di temukan di sekitar lingkungan kita. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan mudah di temui di seluruh wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pegagan dikenal dengan nama latin Centella asiatica Linn Urban atau Hydrocotyle asiatica, Linn. atau Pasequinus, Rumph. Nama ini diturunkan dari bahasa latin ‘hydro’ yang berarti air karena dia sangat suka dengan kondisi lembab dan ‘cotyle’ yang berarti mangkuk karena daunnya yang sedikit berbentuk cekung.

Berikut ini fakta unik tentang rumput pegagan :

1. Sejak ribuan tahun lalu terutama oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia dan sebagian Eropa Timur, tanaman pegagan dipercaya bisa meningkatkan ketahanan tubuh (panjang umur), membersihkan darah, dan memperlancar air seni
    
2. Orang-orang Timur Jauh di Eropa bahkan menggunakannya untuk menyembuhkan lepra (penyakit menular kronik yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae) dan tuberkulosis (TBC)
    
3. Di India, pegagan dikenal sebagai herba untuk awet muda dan juga tanaman ini dibuat dalam bentuk sirup tanpa alkohol untuk pengobatan epilepsi
    
4. Sementara di Thailand, pegagan digunakan sebagai tonikum dan obat diare. Di Sri Lanka, tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan pengeluaran air susu
    
5. Sedangkan di Vietnam digunakan untuk mengatasi lemah badan karena usia lanjut (senility). Di Afrika, pegagan digunakan untuk menyembuhkan sifilis.
    
6. Di Australia, pegagan telah dibuat obat dengan nama Gotu Kola yang bermanfaat sebagai anti pikun dan juga sebagai anti stress.
    
7. Di Cina, pegagan dimanfaatkan untuk memperlancar sirkulasi darah, bahkan dianggap lebih berkhasiat dibandingkan dengan ginkgo biloba atau ginseng yang berasal dari Korea.

 


Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Obat Tetes Mata Herbal dari Bunga Kitolod

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid