logo


Mendagri: Aspirasi Sudah Kami Dengarkan, Balasannya Malah Merusak Kantor

Dengan adanya insiden kemarin, seolah telah menampar wajah Tjahjo sebagai seorang menteri.

12 Oktober 2017 15:41 WIB

Mendagri bersama perwakilan dari Kabupaten Tolikara
Mendagri bersama perwakilan dari Kabupaten Tolikara kemendagri.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, meminta agar jajaran Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membongkar siapa pihak yang mendalangi aksi anarkistis di Kemendagri pada hari Rabu (11/10) kemarin.

"Dirjen Polpum harus cari akar masalahnya, siapa yang bermain, siapa yang mendanai mereka," kata Tjahjo dalam pesan singkatnya pada hari Kamis (12/10).

Ia mengaku kecewa atas kejadian yang melibatkan simpatisan dari Kabupaten Tolikara tersebut. Pasalnya, mereka sebagai perwakilan, sebelumnya telah diterima Tjahjo secara terbuka di ruang kerjanya. Dengan adanya insiden kemarin, seolah telah menampar wajahnya sebagai seorang menteri.


Kemendagri: Pemberhentian Ahok Tunggu Salinan Putusan

"Mereka sudah kita terima baik-baik, bahkan saya terima secara resmi di ruangan kerja bersama eselon I dan II terkait di Kemendagri," tambahnya.

Tjahjo mengatakan pihaknya sudah berulang kali menegaskan bahwa Mendagri tidak bisa mengubah putusan MK dan tidak bisa menarik SK lalu mengubahnya untuk menetapkan pasangan calon yang kalah. Namun, para simpatisan tersebut tetap keukeuh hal tersebut dapat dilakukan.

Menurut Tjahjo, ada indikasi masalah ini akan bermuara di Pilgub Papua pada tahun 2018 mendatang. Ia yakin ada pihak-pihak tertentu yang berupaya menggerakkan massa untuk melakukan aksi anarkistis. 

"Ini simpatisan suruhan, pasti di belakangnya ada yang bermain dan pasti akan terungkap. Saya pernah ke Tolikara, di sana orangnya baik-baik tidak seperti yang datang melakukan tindakan anarkis kemarin," katanya lagi.

Tjahjo pun berharap kasus penyerangan tersebut diselesaikan secara hukum karena sudah menyangkut nama Kemendagri. Ia tidak menyangka pihaknya diperlakukan seperti itu setelah selama ini bersedia mendengar aspirasi mereka dengan baik.

"Balasannya malah merusak kantor Kemendagri dan melukai banyak orang. Ini sudah menyangkut kehormatan Kemendagri, termasuk saya," katanya.

Jajaran Kemendagri Perlu Fokus Bekerja

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari