logo


Peran Buncis Sebagai Obat Diabetes

Sayuran Ini mengandung dua zat yang berfungsi meningkatkan kadar insulin

23 Desember 2014 13:27 WIB

Kemampuan buncis dalam hal menurunkan gula darah disebabkan oleh adanya zat B-sitosterol dan stigmasterol. FOTO: ISTIMEWA
Kemampuan buncis dalam hal menurunkan gula darah disebabkan oleh adanya zat B-sitosterol dan stigmasterol. FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA JITUNEWS.COM - Kencing manis atau diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang banyak menghinggapi penduduk dunia. Seorang penderita diabetes melitus memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi sehingga ia harus hati-hati dalam menerapkan pola makan, disiplin mengonsumsi obat, berdiet, dan melakukan olah raga, serta menjauhi stres.

Obat yang diperuntukkan bagi penyakit ini memang bukanlah obat yang tergolong murah, itu sebabnya banyak penderita diabetes beralih ke pengobatan tradisional dan tanaman herbal. Percaya atau tidak, buncis merupakan salah satu pilihannya.

Kemampuan buncis dalam hal menurunkan gula darah disebabkan oleh adanya zat B-sitosterol dan stigmasterol. Berdasarkan hasil disertasi seorang mahasiswi IPB yang benama Yayuk Andayani, kedua zat tersebut mampu membantu meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.


Putus Asa dengan Diabetes? Coba Makan Buah Ini!

Yayuk berhasil membuktikan khasiat buncis dalam hal menurunkan gula darah dengan menguji cobakan pada tikus putih. Dalam penelitian tersebut, tikus putih yang sebelumnya sengaja dibuat menderita diabetes diberikan ekstrak buncis. Selang setengah jam, kembali dilakukan pengecekan kembali. Hasilnya kadar gula dalam darah tikus tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Penemuan ini tentunya akan bermanfaat bagi dunia kedokteran, khususnya dunia farmasi, mengingat penemuan tersebut dapat dijadikan sebagai referensi pembuatan obat diabetes alami. Meski demikian, penelitian tersebut masih memerlukan tahapan lebih lanjut untuk mengetahui khasiat buncis yang masih tersembunyi.

Buah ini Cocok untuk Penderita Diabetes, Apa Sih?

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana