logo


Baru Dua Parpol Daftar ke KPU, Pendaftaran Diprediksi Menumpuk di Akhir

Hingga enam hari bersisa, tercatat baru dua partai politik yang telah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU.

11 Oktober 2017 08:53 WIB

Gedung KPU.
Gedung KPU. Jitunews/Latiko Aldilla DIrga
dibaca 507 x

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, menjelaskan pihaknya memprediksi pendaftaran partai politik akan terjadi penumpukan pada akhir masa pendaftaran, Senin (16/10) yang akan datang. Jajaran KPU, ia menambahkan, sudah menyiapkan sejumlah antisipasi, salah satunya memperbanyak panel. 

"Kita sempat bikin sepuluh meja. Ternyata tidak efektif. Lalu, kita gabung timnya jadi lima tim. Dengan adanya lima panel, diharapkan tidak terjadi antrean panjang," tukas Arief seusai menerima pendaftaran Partai Solidaritas Indonesia (PSI), di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (10/10).

Hingga enam hari bersisa, tercatat baru dua partai politik yang telah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU. Dua partai politik tersebut yakni Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).


KPU Umumkan Jadwal Pendaftaran Capres dan Cawapres 2019

Diketahui, masa pendaftaran akan ditutup pada 16 Oktober hingga pukul 00.00 WIB. 

Terkait hal itu, Pengamat Politik dari Indo Survey & Strategy, Herman Dirgantara mengungkapkan bahwa masa pendaftaran partai politik harus dilakukan lebih awal, mengingat tingkat kesulitan pengecekan berkas pendaftaran yang tidak singkat.

"Info kemarin, untuk satu parpol pengecekan di KPU saat pendaftaran bisa memakan waktu hingga selusin jam. Sehingga, akan lebih baik pendaftaran bisa dilakukan dengan sesegera mungkin. Meski kita tahu ada kesulitan tentunya," ujar Herman. 

Untuk itu, Herman menambahkan, KPU perlu sigap agar prediksi penumpukan pendaftaran yang diperkirakan akan terjadi bisa diantisipasi. 

"Saya yakin KPU sudah prepare untuk itu. Tidak bisa dipungkiri, salah satu kesulitannya yakni keberadaan SIPOL (sistem informasi partai politik). Kendala teknis seperti akses internet dari daerah sangat terbuka. Intinya sedia payung sebelum hujan," tutup Herman. 

Ditulis oleh: Herman

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Dana Parpol Naik, Politisi PAN: Keadilan di Masyarakat Tersayat

Halaman: 
Admin : Nugrahenny Putri Untari