logo


Fridtjof Nansen, Tokoh yang Menginspirasi Google Doodle Hari Ini

Hari ini 10 Oktober 2017, Fridtjof Nansen menjadi tokoh yang tampil pada Google Doodle, lantas siapakah Fridtjof Nansen?

10 Oktober 2017 10:29 WIB

Memperingati ulang tahunnya yang ke-156, Google memilih Fridtjof Nansen sebagai ikon pada Google Doodle
Memperingati ulang tahunnya yang ke-156, Google memilih Fridtjof Nansen sebagai ikon pada Google Doodle Google

JITUNEWS.COM - Hari ini 10 Oktober 2017, Fridtjof Nansen menjadi tokoh yang tampil pada Google Doodle, lantas siapakah Fridtjof Nansen?

Hari ini Google memilih Fridtjof Nansen sebagai tokoh yang menghiasi Google Doodle karena hari ini bertepatan dengan ulang tahun Fridtjof Nansen yang ke-156.

Fridtjof Nansen merupakan pria asal Norwegia yang lahir pada 10 Oktober 1861. Pada tahun 1893 dia memimpin ekspedisi untuk menjadi orang pertama yang berhasil mencapai kutub utara dengan berski.


Uber Akhirnya Hadirkan Layanan Pengiriman Barang di Indonesia

Fridtjof Nansen tercatat pernah melakukan ski menyeberangi beberapa negara atau cross-country hingga sejauh 50 mil atau setara 80km hanya dengan perbekalan minim dan ditemani seekor anjing peliharaannya.

Eksplorasi Fridtjof Nansen terhenti saat Perang Dunia pertama pecah pada 1914. Pada dekade kedua abad ke-20, setelah perang usai, ketertarikannya bergeser ke politik internasional dan isu-isu humanitarian.

Iba melihat nasib para pengungsi perang yang kehilangan kewarganegaraannya karena harus pergi menyelamatkan diri dari rumah dan negaranya masing-masing. Konferensi internasional Jenewa, Fridtjof Nansen memutuskan untuk membuatkan sebuah dokumen bernama Nansen Passport bagi para pengungsi yang diterima oleh 52 negara.

Usaha Fridtjof Nansen membantu para korban perang ini membuatnya diberi hadiah Nobel Perdamaian pada 1922. Fridtjof Nansen, sang ilmuwan petualang, diplomat, sekaligus humanis, tutup usia pada 13 Mei 1930.

Warner Bros Hadirkan Cuplikan Terbaru Film Justice League

Halaman: 
Penulis : Satria Budi
 
×
×