logo


Selain Dikenai Pasal Berlapis, Jonru Juga Bisa Dikenai Hukuman Kumulatif

Hukuman kumulatif itu bisa diterapkan lantaran Jonru melakukan perbuatannya secara berulang-ulang

4 Oktober 2017 12:32 WIB

Jonru Ginting.
Jonru Ginting. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Ahmad Yusep, mengungkapkan bahwa tersangka kasus ujaran kebencian (hate speech), Jonru Ginting, dikenai pasal berlapis.

Tak hanya itu, lanjut Yusep, Jonru juga dapat dikenai hukuman kumulatif karena banyaknya jumlah laporan terhadap dirinya.

"Selain dikenai pasal berlapis, dia juga bisa dikenai kumulatif karena perbuatannya berulang-ulang," beber Yusep kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (4/10).


Pembelaan Jonru Soal Tulisannya yang Dipolisikan

Dikatakan Yusep, hukuman kumulatif itu bisa diterapkan lantaran Jonru melakukan perbuatannya secara berulang-ulang. Jonru tidak hanya sekali mem-posting tulisannya di Facebook yang mengandung ujaran kebencian.

"Dia melakukan perbuatannya berulang-ulang di Facebook-nya banyak tulisan ataupun posting-an yang mengandung ujaran kebencian," papar Yusep, dikutip dari detikcom.

Diwartakan sebelumnya, Jon Riah Ukur Ginting atau sering disapa Jonru, ditetapkan sebagai tersangka ujaran kebencian terkait postingannya di media sosial.

Jonru diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Jonru dilaporkan oleh Zakir Rassyidin pada tanggal 4 September dan Muannas Alaidid pada tanggal 31 Agustus lalu. Dia dilaporkan terkait postingan di media sosial yang dinilai menyebarkan ujaran kebencian.

Muannas sudah diperiksa sebagai saksi pada hari Senin (4/9) lalu dan telah memberikan bukti-bukti postingan yang dianggap mengandung unsur ujaran kebencian berbau SARA.

Kini, Jonru pun dikenai Pasal 28 ayat 2 jo 45 UU No 16 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 8 Tahun 2011 tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang Diskriminasi Ras dan Etnis, serta dijerat dengan Pasal 156 KUHP tentang penodaan agama.

Ada Buku Terkait Aksi 212 Disita dari Jonru, Polisi Masih Dalami

Halaman: 
Penulis : Riana