logo


Bagaimana Nasib Barca Jika Catalunya Merdeka? Presiden Klub: Ini Rumit

Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, mengatakan pihaknya akan memikirkan langkah klub selanjutnya jika memang harus angkat kaki dari La Liga.

3 Oktober 2017 10:42 WIB

Raut kebahagiaan para pemain Barcelona ketika berhasil membalikkan kedudukan di leg kedua per delapan final Liga Champions, Rabu malam (8/3/2017) waktu setempat.
Raut kebahagiaan para pemain Barcelona ketika berhasil membalikkan kedudukan di leg kedua per delapan final Liga Champions, Rabu malam (8/3/2017) waktu setempat. mirror.co.uk

BARCELONA, JITUNEWS.COM - Situasi politik di Spanyol semakin memanas menyusul adanya referendum rakyat Catalunya untuk merdeka dan berdiri sendiri. Hal tersebut tentu saja akan membawa imbas bagi sejumlah klub sepak bola Catalunya yang bermain di La Liga, seperti Espanyol, Girona, dan pastinya sang raksasa, Barcelona. Bagaimana nasib mereka jika Catalunya benar-benar merdeka?

Jawaban paling realistis yang dapat diperoleh adalah hengkang dari La Liga, meski hal tersebut masih masuk dalam agenda pertimbangan para petinggi klub. Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, mengatakan pihaknya akan memikirkan langkah klub selanjutnya jika memang harus angkat kaki dari La Liga. Langkah tersebut, menurutnya, juga harus dipikirkan dengan matang dan hati-hati.

"Kaitannya dengan kemerdekaan Catalunya, para anggota klub akan memutuskan di liga mana nantinya Barca akan bermain," kata Bartomeu, seperti diwartakan SkySports, Senin (2/10).


Barca Pagari Tiga Pemain Intinya dengan Kontrak Baru

"Kami akan berupaya melalui momen sulit ini dengan pikiran yang tenang dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Ini hal yang rumit," ujarnya lagi.

Sementara itu, Menteri Olahraga Catalunya, Gerard Figueras, mengatakan ada kemungkinan Barca bergabung dengan liga milik sejumlah negara tetangga.

"Jika nanti merdeka, Barcelona, Espanyol, dan Girona akan memutuskan untuk bermain di mana. Apakah nanti tetap di La Liga atau pindah ke liga milik negara tetangga, seperti Italia, Inggris, atau Prancis," ujar Gerard. 

Barca dan RB Leipzig Jalin Hubungan, Siapakah yang Barca Inginkan??

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari