logo


KPK Akan Terbitkan Sprindik Baru Buat Setnov, Pansus KPK Bilang Begini

Meski KPK telah menerbitkan sprindik baru, Pansus Angket belum dapat memastikan apakah hal tersebut akan ditanyakan kepada KPK.

2 Oktober 2017 15:25 WIB

Wakil Ketua Pansus Angket Risa Mariska
Wakil Ketua Pansus Angket Risa Mariska dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Pansus Angket KPK, Risa Mariska, menanyakan tindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mewacanakan untuk menerbitkan sprindik baru terhadap putusan praperadilan Setya Novanto (Setnov).

"Itu juga yang akan kita perhatikan. Kenapa proses KPK seperti itu, harusnya enggak begitu. Kalau misalkan kena pasal berlapis, pasal berlapis," ujar Risa di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (2/10).

Menurutnya, meski KPK telah menerbitkan sprindik baru, Pansus Angket belum dapat memastikan apakah hal tersebut akan ditanyakan kepada KPK.


Novanto Punya Ilmu 'Tekbal' Hukum

"Nah terkait dengan pertanyaan tadi, apakah itu akan ditanyakan di Pansus Angket, kita lihat dulu. Pihak yang mau kita panggil ini siapa. Apakah penyidik dari KPK atau siapa. Kan kita belum tahu agendanya. Kemarin direktur penyidikan udah kita panggil. Nanti kita lihat dulu. Kalau itu berkaitan, kita pasti akan tanyakan," pungkasnya.

Seperti diketahui, juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, mengatakan bahwa pihaknya mempertimbangkan untuk menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik) baru untuk menetapkan kembali Ketua DPR RI, Setya Novanto, sebagai tersangka.

"Alternatif-alternatif yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku apakah itu KUHAP ataupun PERMA yang sudah mengatur secara tegas praperadilan tersebut tentu menjadi pertimbangan KPK," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/9).

Menurutnya, KPK dalam hal ini terus membahas dan berdiskusi secara mendalam, sebelum menanggapi putusan praperadilan Ketua Umum DPP Partai Golkar tersebut.

KPK Sempat Tolak Bukti di Praperadilan, Pansus: Bukti dari Mana Saja

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana