logo


Gubernur: Pengungsi Gunung Agung Dibuatkan Kartu

Pembuatan kartu tersebut akan dimulai pada hari ini

1 Oktober 2017 17:00 WIB

Istimewa

BALI, JITUNEWS.COMGubernur Bali, Made Mangku Pastika mengatakan masa panik evakuasi Gunung Agung sudah berakhir, dan berganti dengan masa konsolidasi dan rekonsiliasi. Mangku Pastika berencana membuat kartu identitas untuk pengungsi guna menertibkan masalah kependudukan.

"Untuk menertibkan masalah kependudukan ini, kita minta dibuatkan kartu identitas pengungsi," kata Mangku Pastika di Posko Komando Gunung Agung Tanah Ampo, Karangasem, Bali, Minggu (1/10).

Saat ini pengungsi Gunung Agung sudah mencapai 144 ribu orang. Kartu identitas pengungsi tersebut diprioritaskan untuk mendata pengungsi yang berasal dari 28 desa yang masuk dalam zona bahaya.


28 Desa Masuk Zona Bahaya Erupsi Gunung Agung

"Artinya, yang akan dapat kartu identitas pengungsi adalah pengungsi yang berasal dari 28 desa itu. Itu the real pengungsi," terangnya.

Gubernur juga tidak melarang pengungsi yang bukan berasal dari wilayah yang termasuk zona bahaya untuk tetap tinggal di pengungsian dan akan tetap diberikan kartu tersebut. Pembuatan kartu tersebut akan dimulai pada hari ini.

"(Pendataan) sekarang sudah mulai. Pembagian kartu dibuatkan Kepala Desa," ujar Mangku Pastika.

Gubernur Bali Minta Pengungsi untuk Pulang

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata