logo


Gubernur Bali Minta Pengungsi untuk Pulang

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika meminta pengungsi yang tidak termasuk dari 28 desa yang masuk zona bahaya erupsi Gunung Agung untuk pulang

1 Oktober 2017 15:44 WIB

Gubernur Bali Made Mangku Pastika.
Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Istimewa

BALI, JITUNEWS.COMGubernur Bali, Made Mangku Pastika meminta pengungsi yang tidak termasuk dari 28 desa yang masuk zona bahaya erupsi Gunung Agung untuk pulang. Namun, dirinya tidak memaksa jika warga masih ada yang ingin berada di pengungsian.

"Tapi kalau warga menganggapkan dirinya di daerah berbahaya silakan mengungsi tidak ada paksaan harus pulang, karena saya nonton di televisi ada warga yang bilang saya dipaksa pulang oleh gubernur, saya nggak maksa pulang, kalau nggak mau pulang mau ngungsi silakan," kata Mangku Pastika di Posko Komando tanah Ampo, Karangasem, Bali, Minggu (1/10).

Mangku mengatakan total pengungsi Gunung Agung sudah mencapai 144 ribu orang lebih. Jika dijumlahkan pengungsi dari 28 desa, ada sekitar 70 ribu orang. Dirinya menyarankan pengungsi yang berasal dari desa yang tidak masuk zona bahaya untuk kembali ke rumahnya masing-masing.


Gunung Agung Status Awas, Bakamla RI Kunjungi Kamp Pengungsi

"Tetapi ini harusnya mereka tidak harus pergi dari kampungnya, harus dijaga kampungnya mereka punya ternak, punya kehidupan di sana, yang ngurusin siapa, kalau ditinggal berlama-lama," katanya.

Mangku mengatakan jika ada warganya yang ingin pulang, pemerintah akan memfasilitasi.

"Kalau mau pulang karena kehidupannya di desa itu, silakan pulang. Kita akan fasilitasi bagi yang tidak punya kendaraan," kata Mangku Pastika.

28 Desa Masuk Zona Bahaya Erupsi Gunung Agung

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata