logo


TNI Siapkan 7 Kebijakan pada 2015

Moeldoko menyiapkan tujuh kebijakan "Sapta Citra Pokok-pokok Kebijakan Pimpinan TNI 2015"

22 Desember 2014 12:08 WIB

Panglima TNI Jenderal Moeldoko. (tni)
Panglima TNI Jenderal Moeldoko. (tni)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Panglima TNI Jenderal Moeldoko secara resmi membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (22/12). Dalam  Rapim TNI kali ini, Moeldoko menginginkan adanya kolaborasi pemikiran top down dan bottom up guna efisiensi dan efektivitas Rapim dalam  draft "Sapta Cita Pokok-Pokok Kebijakan Pimpinan TNI 2015".

Moeldoko juga menambahkan, bahwa dirinya telah menyiapkan 3 Rencana Strategis (Renstra), yakni Pembangunan dan Pengembangan Kemampuan TNI 2015-2019, Pembangunan Kesejahteraan Prajurit 2015-2019, dan Pemeliharaan dan Perbaikan Alutsista TNI 2015-2019.

"Ketiga Renstra tersebut merupakan konsistensi kita terhadap komitmen menjadikan TNI yang profesional, militan, solid, sejahtera, dicintai dan dibanggakan rakyat," tegas Moeldoko.


Hadapi Pandemi, Moeldoko Minta Semua Pihak Kesampingkan Kepentingan Kelompok

Sementara itu, Moeldoko juga telah menyiapkan tujuh kebijakan yang terangkum dalam Sapta Citra Pokok-pokok Kebijakan Pimpinan TNI 2015. Pertama, penguatan kapasitas dan kapabilitas intelijen TNI. Kedua, optimalisasi manajemen operasi TNI dan interoperabilitas satuan operasi TNI.

Ketiga, meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan prajurit TNI. Keempat, membangun interoperabilitas logistik TNI. Kelima, meningkatkan peran dan tugas teritorial TNI. Keenam, optimalisasi tugas-tugas perbantuan TNI dan Ketujuh, membangun sinergitas kelembagaan antara TNI dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

"TNI bukan semata-mata akan menampilkan "We Are Different dan We Are The Solution", serta bukan juga tidak mau berpindah dari zona nyaman, tetapi yang pasti hari esok harus lebih baik, dan perubahan adalah sebuah keniscayaan yang harus para Perwira hadapi bagi sebuah kemajuan TNI," ungkap Moeldoko.

Selanjutnya dalam upaya membangun manajemen TNI yang solid dan adaptable, serta interoperabilitas operasional termasuk peran teritorial TNI, Panglima TNI Moeldoko juga menitikberatkan dalam implementasi Renstra Pembangunan dan Pengembangan Kemampuan 2015-2019, yang didalamnya secara eksplisit memuat upaya mengeleminasi ego sektoral.

"Penguatan kultur dan karakter prajurit menjadi diskusi yang penting, untuk mengeleminasi sikap dan tindakan primitif prajurit, khususnya terkait maraknya perkelahian dengan anggota Polri, kasus narkoba dan tindakan yang tidak bersahabat terhadap rakyat," kata Moeldoko.

Rapim TNI yang dilaksanakan tanggal 22-23 Desember 2014 ini juga akan diisi ceramah dan pembekalan dari beberapa Menteri yaitu Menteri Pertahanan, Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menkopolhukam, serta Menko Kemaritiman.

Rapim ini juga dihadiri oleh para Kepala Staf Angkatan, para Pangkotama TNI, para Asisten Panglima TNI dan para Kabalakpus TNI.

 

Perang Lawan Covid, Kostrad Gelar Serbuan Vaksinasi di 5 Titik

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya