logo


Khasiat Jitu Tanaman Remek Daging

Bagian batang tanaman remek daging mengandung saponin dan tanin

22 Desember 2014 11:07 WIB

Efek farmakologis remek daging adalah astringen, antidiare, diuretik, dan mengumpalkan darah pada luka. FOTO : ISTIMEWA
Efek farmakologis remek daging adalah astringen, antidiare, diuretik, dan mengumpalkan darah pada luka. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Remek daging, tanaman ini banyak ditanam orang di halaman rumah sebagai tanaman penutup (Ground Cover). Namun kebanyakan orang pasti tak mengetahui bahwa tanaman ini termasuk tanaman obat yang khasiatnya cukup beragam.

Remek daging  memiliki nama ilmiah yaitu Hemigraphis colorata Hall F ini memiliki kandungan zat berupa  natrium, kalsium, flavonoid, dan polifenol. Bagian batang tanaman mengandung saponin dan tanin. Sementara pada bagian daunnya memiliki kandungan zat berupa tanin, asam silikat, dan glikosida. Sedangkan efek farmakologis remek daging berupa rasa kelat, astringen, antidiare, diuretik, dan mengumpalkan darah pada luka.

Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat diobati dan disembuhkan oleh remek daging :


3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

Diare dan Disentri

Cara penggunaannya dengan cara mengambil 7 helai daun remek daging, lalu cuci sampai bersih dan rebus dalam 1 gelas air hingga mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring rebusannya dan minum. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari.

Batu Ginjal

Cara penggunaannya dengan mencuci bersih 27 g daun remek daging, lalu rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih selama 30 menit. Kemudian hasil rebusannya disaring dalam keadaan dingin dan dapat diminum. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari.

Sakit Kulit

Cara penggunaanya dengan mencuci daun remek daging secukupnya, lalu rebus dalam 3 liter air bersih hingga mendidih. Kemudian hasil rebusannya dicampur dengan air bersih di bak dan sangat baik digunakan untuk mandi.

Luka

Cara penggunaannya dengan mengambil 7-9 daun remek daging lalu cuci bersih. Kemudian lumatkan daun-daun itu dengan cara ditumbuk dan oleskan daun tersebut pada atas bagian yang luka.

'Sejuta' Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Halaman: 
Penulis : Riana