logo


Usung Konsep Elegan, Mana Lebih Oke Via Vallen atau Nella Kharisma?

Jika di-head to head-kan antar keduanya, rasa-rasanya hasil akhirnya akan sama kuat. Tapi semua kembali kepada pecinta dangdut tanah air, ingin menempatkan siapa yang di atas, siapa yang di bawah.

22 September 2017 16:28 WIB

Via Vallen dan Nella Kharisma.
Via Vallen dan Nella Kharisma. Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Musik dangdut belakangan terus berinovasi mengikuti gerakan melingkarnya zaman. Bahkan kualitas sang penyanyinya pun kian hari terus ter-update dan tak lagi terkesan kampungan.

Mungkin nama Ayu Ting Ting dan zaskia Gotik masih menjadi yang utama dalma perspektif layar kaca. Hampir di setiap stasiun tv, kedua penyanyi dangdut itu kerap muncul.

Tapi sayangnya frekuensi penampilan keduanya di layar kaca lebih sering sebagai seorang penghibur atau materi gosip ketimbang jati diri ereka sebagai penyanyi dangdut.


ADUH, Baju Transparan Chef Marinka Bikin Deg-Degan!

Maka, tempat keduanya di belantara musik dangdut tanah air dicuri oleh Maulidia Octavia alias Via Vallen dan rising star lainnya Nella Kharisma.

Via Vallen jelas lebih senior ketimbang Nella Kharisma. Keduanya memiliki selisih usia hampir empat tahun. Tapi, rumus dari sebuah kesuksesan tidak melulu didasari pada urusan umur.

Sejauh ini keduanya, baik Via maupun Nella sama-sama telah diterima oleh orkes musik (Om) yang biasa menggelar pertunjukan dangdut seperti Monata, OM Sera, Sagita dan lain sebagainya.

Jika berbicara kesamaan, Via dan Nella, sebagai seorang penyanyi dangdut, sama-sama jauh dari tampilan 'murahan' yang begitu mudah memamerkan bagian intim dari seorang wanita begitu saja. Bahkan keduanya baik di atas maupun di luar panggung sangat jauh dari kesan dangdut.

Semata-mata bukan sebagai bentuk pengkiran tehadap profesi, tetapi lebih pada menjadikan musik dangdut elegan dan setara dengan genre musik lainnya, misalnya pop.

Dan kebetulan pula, khusus Via vallen, dirinya lebih banyak mendapat meteri lagu-lagu pop yang sedang hits baik di dalam mau pun di luar negeri. Yang kemudian dibawakan oleh orkes musik dengan aransemen dangdut yang biasanya dikoplokan.

Lalu, siapa lebih yahut antara Via Vallen dan Nella Kharisma?

Jika di-head to head-kan antar keduanya, rasa-rasanya hasil akhirnya akan sama kuat. Tapi semua kembali kepada pecinta dangdut tanah air, ingin menempatkan siapa yang di atas, siapa yang di bawah.

Berikut adalah komparasi antara Via Vallen dan Nella Kharisma.

Biodata Singkat

Via Vallen. (Foto: Instagram/viavallen)

Kita mulai dari identitas keduanya. Via Vallen lahir di Surabaya (kabarnya lebih tepatnya Sidoarjo), 1 Oktober 1990. Via telah menggeluti dunia tarik suara sejak usia 15 tahun. Setelah mengarungi lika-liku dari panggung yang satu ke panggung yang lain, Via sukses mendirikan basis fansnya yang diberi nama Vyanisty pada 24 September 2010.

 

Nella Kharisma. (Foto: Instagram/nellakharisma)

Sedangkan Nella Kharisma lahir pada, 4 November 1994 di Kediri, Jawa Timur. Nella memulai karirnya bersama Monata dari satu panggung ke panggung lainnya. Akhirnya di awal tahun 2017 kemarin, Nella gabung dengan perusahaan rekaman PT Pancal Records Indonesia dan mengeluarkan single Goyang Reggae dan Stop Galau. Kemudian Nella juga ikut terlibat dalam pembuatan album Monata Goyang Reggae bersama Ratna Antika dan Sodiq Monata yang salah satu lagunya Indonesia Sehat.

Kualitas Vokal dan Goyangan

Bicara soal kualitas vokal tentu keduanya memiliki warnanya masing-masing. Suara Via Vallen lebih familiar di lagu-lagu bergenre pop yang dibawakan secara koplo atau didangdutkan. Sedangkan suara Nella sejauh ini menggebrak di lagu-lagu yang didalamnya ada konten rap atau reggae.

 

Tapi kualitas suara keduanya sama-sama jernih dan jauh dari sumbang ketika, katakanlah, sama-sama menyanyikan lagu yang sama seperti Kimcil Kepolen, Ditinggal Rabi atau pun Suke Teki.

Meski begitu, kadang kali Via Vallen agak sedikit sumbang di nada-nada rendah, mengingat penyanyi 27 tahun itu lebih sering diberi materi lagu-lagu pop yang kadang menjebaknya dibeberapa bagian lagu. Sedangkan Nella sejauh ini lebih aman lantaran materi lagu yang biasa dibawakannya sudah menjadi santapannya.

 

Namun untuk goyangan, seperti Nella lebih sedikit di atas Via terlebih saat membawkan tembang Jaran Goyang. Mengingat tampilan wajah Nella sedikit lebih 'nakal' ketimbang Via Vallen yang cenderung luxury.

Performa dan Pilihan Busana Elegan

Untuk urusan performa, kedua-duanya sama kuat dan tergantung materi lagu yang dibawakan. Setidaknya, baik Via maupun Nella sejauh ini sukses menguasai panggung dan menghidupkan ruh atau pesan dari lagu yang dinyanyikan.

Untuk pilihan busana, keduanya tergolong penyanyi dangdut modern yang jauh dari kesan kampungan apalagi seronok dalam berpakaian. sebagai citra penyanyi dangdut masa kini, menonjolkan tubuh semata bukanlah gaya dari Via dan Nella. Meski keduanya tetap seksi kala di atas panggung, namun kualitas suara atau menyanyi adalah yang utama dengan sesekali memprovokasi penonton dengan goyangan yang disesuaikan ritmis musik.

Lantas kalau ditanya mana yang lebih bagus antara Via Vallen atau Nella Kharisma, jelas para penggemar dangdut koplo akan sangat kebingungan. Namun yang pasti, bisa ditarik kesimpulan bahwa keduanya sama-sama mempesona dan keren.

Via cenderung naik ke atas panggung dengan tata busana overall dengan bagian pinggang ke bawah layaknya rok lengkap dengan sepatu hak tinggi atau pun wedges. Meski pun kadang kala ia pun tampil secara casual atau sporty yang malahan melahirkan nauansa seksi yang elegan.

Sebaliknya, Nella Kharisma lebih akrab di atas panggung dengan mengenakan kaos oblong ketat, tapi tetap elegan, yang dipadu padankan dengan rok mini. Tak jarang juga tank top atau busana ala 'kerah Sabrina' dipilih Nella yang memang memiliki pundak putih mulus nan aduhai.

Punya Kekuatan Massa Besar, Bernyanyi Bukan Bikin Sensasi

Nama Via Vallen dan Nella Kharisma kian diketahui publik luas lebih pada faktor produktivitas ketimbang membuat-buat sensasi layaknya penyanyi dangdut top yang bolak-balik masuk infotainment.

Hal itu terbukti dari setiap lagu yang dinyanyikan keduanya sukses menjadi hits di ruang publik. Lagu 'Sayang' milik Via Vallen hampir di setiap saat diputar. Begitu pun 'Konco Mesra' milik Nella Kharisma yang tiada henti-hentinya diperdendangkan.

Keduanya memang punya genre lagu mirip, namun sejatinya konsep penampilan mereka cukup berbeda saat sedang bernyanyi. Via Vallen dengan ilustrasi video, sedangkan Nella Kharisma menggunakan konsep live sing di sebuah panggung.

Untuk urusan massa, jangan remehkan jumlah penggemar kedua penyanyi dangdut ini. Setidaknya dari akun sosial media yang digunakan Via atau pun Nella jumlahnya menyentuh jutaan.

Jumlah follower Nella Kharisma di akun instagramnya telah mencapai 1,2 juta, sedangkan Via Vallen lebih gemuk lagi yang mencapai 2,4 juta follower.

Diaspora Temon Holic Ubah Cara Menikmati Musik Dangdut

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah