logo


Kementrian ESDM Sedang Jalankan Program Unggulan di Sektor Ketenagalistrikan

Salah satu program yang saat ini sedang dijalankan adalah program 35 ribu MW (Mega Watt) listrik untuk Indonesia.

19 September 2017 15:42 WIB

Andy Noorsaman Sommeng ketika memberikan keterangan di Kantor Kementrian ESDM, Selasa (19/9).
Andy Noorsaman Sommeng ketika memberikan keterangan di Kantor Kementrian ESDM, Selasa (19/9). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng, mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menjalankan program pemerintah di sektor ketenagalistrikan.

Dalam program ini sendiri terdapat empat poin. Poin pertama adalah menambah kapasitas dalam rangka untuk memberikan ketersediaan listrik kepada masyarakat.

"Jadi banyak pembangunan pembangkit listrik, pembangunan jaringan dan lain-lain. Pembangunan dalam rangka menyediakan ketersediaan listrik di masyarakat," ujarnya di Kementrian ESDM, Jakarta, Selasa (19/9).


Jaga Pasokan Listrik ke Palu, PLN Amankan Tower Emergency Pasca Musibah Longsor

Salah satu program yang saat ini sedang dijalankan adalah program 35 ribu MW (Mega Watt) listrik untuk Indonesia.

Sementara itu, poin kedua adalah bagaimana masyarakat mendapat akses terhadap energi. "Jadi bagaimana kita membangun distribusi membangun akses masyarakat. Sehingga dari Sabang sampai Merauke semua bisa mendapatkan akses terhadap listrik," katanya lagi.

Andi menuturkan, kinerja pembangunan aksesibilitas listrik di Indonesia pada triwulan kedua 2017 mencapai rasio 92,8 persen.

"Bagaimana kita (Kementerian ESDM) telah membangun aksesibilitas masyarakat atas listrik dengan rasio per-triwulan kedua 92,8 persen," tambahnya.

Poin yang ketiga adalah bagaimana harga ketresediaan listrik ini bisa dijangkau oleh masyarakat. Poin yang keempat kaitannya dengan kualitas, jangan sampai listrik yang diberikan kepada masyarakat bermutu tidak baik.

"Sehingga ke depannya, jangan sampai ada masyarakat yang dari kecil sudah melihat ada kabel listrik tapi dia tidak bisa menikmatinya," tukasnya.

Percepat Proyek 35.000 MW, PLN Teken 8 Kontrak Pembangkit Listrik

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugrahenny Putri Untari