logo


Jokowi Ajak Keluarga Kerajaan Jaga Persatuan dan Pembentukan Karakter Bangsa

Jokowi juga menjelaskan mengenai sejarah negara Indonesia yang memiliki jejak peradaban kerajaan yang luar biasa

18 September 2017 22:05 WIB

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. Biro Pers Setpre/Agus Suparto

CIREBON, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengajak para raja, sultan, pangeran, permaisuri, dan seluruh keluarga kerajaan se-Indonesia untuk menjaga persatuan. Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat menghadiri acara Festival Keraton Nusantara ke-11 di Goa Sunyaragi, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/9).

"Saya titip pada para sultan, raja, pangeran, permaisuri, serta pemangku adat keraton, bersama-sama yang lainnya untuk menjaga kerukunan, menjadi berkat kebhinnekaan serta memperkokoh NKRI yang kita cintai bersama-sama," kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta keraton untuk terlibat dalam pembangunan karakter bangsa sehingga menumbuhkan masyarakat yang berbudi luhur.


Tindakan Represif Polri Watak Anti Demokrasi Penguasa

"Saya juga berharap keraton-keraton Nusantara terlibat pembangunan karakter bangsa. Sehingga kita memiliki manusia-manusia yang berbudi luhur, dan tangguh serta inovatif dan kreatif," lanjutnya.

Jokowi juga menjelaskan mengenai sejarah negara Indonesia yang memiliki jejak peradaban kerajaan yang luar biasa.

"Kita tahu bahwa negara kita adalah negara yang memiliki jejak sejarah peradaban kerajaan besar dan gemilang. Dulu, kapal-kapal pinisi kita mengarungi laut-laut. Menjelajahi samudera dan bahkan sampai Benua Australia, sampai Benua Afrika," kata Jokowi.

"Sejarah juga mencatat kebesaran dari Kerajaan Majapahit yang mempersatukan Nusantara. Kebesaran Samudera Pasai, kebesaran Demak, Mataram, kebesaran Maluku, dan banyak lagi yang lain," terang Jokowi.

Minta Dibuatkan Film G30S/PKI untuk Milenial, Jokowi: Mereka Biar Ngerti Bahaya Komunisme

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata