logo


Fadli Zon Teken Surat Tunda Pemeriksaan Setya Novanto, Gerindra Tidak Setuju

Muzani mengimbau DPR untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan saat ini

13 September 2017 14:20 WIB

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani.
Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani. dok. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pimpinan DPR melayangkan surat ke KPK meminta pemeriksaan terhadap Setya Novanto ditunda karena masih mengajukan praperadilan. Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menyebutkan surat tersebut sebagai aspirasi.

"Mungkin aspirasi saja. Surat aspirasi," kata fadli di gedung DPR, Rabu (13/9).

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Fadli Zon. Menurutnya, surat tersebut tidak melanggar hukum.


Idrus Marham Beberkan Kondisi Setnov Diinfus di Rumah Sakit

"Sebagaimana halnya di masyarakat juga banyak permintaan semacam itu dan kalau dikirim itu tetap sesuai aturan dan UU yang berlaku. Sebagai permintaan meneruskan, istilahnya itu," terang Fadli.

Jika Fadli menganggap surat tersebut hanya surat aspirasi biasa. Lain halnya dengan Ahmad Muzani, yang juga salah satu politisi Gerindra, dirinya ingin meminta klarifikasi dari Fadli Zon.

"Saya mau menanyakan ke Pak Fadli, 'Kenapa lo menulis surat begituan?'," kata Muzani di gedung DPR, Rabu (13/9).

Menurutnya, Fadli Zon bertindak berlebihan karena menandatangani surat permintaan penundaan pemeriksaan terhadap Setya Novanto. 

"Bahwa surat itu ditandatangani Fadli Zon sama saja, mau Fadli Zon, mau siapa saja, menurut saya itu di luar, melampaui kewenangan pimpinan DPR," ujar anggota Komisi I DPR tersebut.

Muzani mengimbau DPR untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan saat ini.

"Kami sangat menyayangkan surat itu ke KPK. Harusnya pimpinan DPR tak melakukan itu sambil terus menghormati keputusan KPK, juga menghormati praperadilan Novanto," ujarnya.

Menurut Muzani, sebelum dikirim surat tersebut seharusnya dibawa ke Bamus untuk dibahas bersama. Muzani menyebut Gerindra tidak setuju dengan surat tersebut.

"Seharusnya itu dibicarakan para anggota Bamus karena ini pernah dibicarakan. Ketika itu, F-Gerindra menyatakan ketidaksetujuannya," kata Muzani.

Survei Kinerja Jokowi Memuaskan, Begini Pernyataan 'Dingin' Fadli Zon

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata