logo


Kirim Bantuan untuk Rohingya, Jokowi Apresiasi Semua Pihak

Ada 4 pesawat Hercules yang diterbangkan menuju Aceh kemudian dilanjutkan ke Chittagong, Bangladesh

13 September 2017 10:15 WIB

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. Humas Setkab

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo melepas penerbangan kloter pertama bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Ada 4 pesawat Hercules yang diterbangkan menuju Aceh kemudian dilanjutkan ke Chittagong, Bangladesh. 

Jokowi mengapresiasi Menlu Retno Marsudi yang sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah Bangladesh mengenai bantuan kemanusiaan untuk Rohingya.

"Bantuan ini dapat disalurkan setelah saya utus Menteri Luar Negeri untuk bicara dengan pemerintah Bangladesh, dengan pemerintah Myanmar dan membahas bantuan kemanusiaan," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (13/9).


Ketika Sesama Peraih Nobel Perdamaian Ikut Bicara Soal Suu Kyi dan Konflik Rohingya

Tidak hanya mengapresiasi Menlu Retno Marsudi, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mengirimkan bantuan kepada pengungsi Rohingya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak baik masyarakat, Ormas, Pemda, pengusaha yang bersama-sama nantinya mengirimkan bantuan untuk saudara kita, kepada pengungsi di Rakhine State baik di Myanmar maupun Bangladesh," ungkapnya.

Empat pesawat tersebut nantinya akan transit terlebih dahulu di Aceh. Kemudian esok harinya, Kamis (14/9) pesawat akan diterbangkan ke Chittagong, Bangladesh. Setelah itu dengan menggunakan truk, bantuan akan dikirim ke lokasi pengungsi di Cox's Bazar.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, bantuan kemanusian menuju perbatasan Bangladesh-Myanmar saya nyatakakan diberangkatakan," kata Jokowi.

Bantuan Kemanusiaan untuk Rohingya Dikirim Hari Ini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata