logo


Menyedihkan, Hak Paten Masih Minim

Guna mendorong pengurusan paten maka Ditjen HaKI Kemenkumham akan memberikan insentif paten

19 Desember 2014 05:16 WIB

Hak paten
Hak paten

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menyedihkan dikala banyak peneliti menemukan berbagai temuan inovatif namun tidak dibarengi dengan kesadaran untuk mengurus paten terhadap temuannya tersebut. Akibatnya jumlah paten masih di bawah 10 %.

"Saat ini 90 persen paten yang terdaftar adalah paten asing. Kami harap ada peningkatan inovasi dalam mendapatkan paten," ujar Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ahmad Ramli.

Menurutnya,  guna mendorong pengurusan paten maka Ditjen HaKI Kemenkumham akan memberikan insentif paten. Selain itu Kemenkumham juga memberikan keringanan pembiayaan paten 50 persen dari biaya total kepada lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) dan instansi pendidikan. "Kami juga memberikan pembebasan pemeliharaan paten selama lima tahun pertama," katanya.


Pang David, Temukan Formula Organik Hasilkan Daging Sehat

Menurut Ahmad, terdapat 7.600 paten yang dibatalkan Kemenkumham. Dari jumlah itu, 95 di antaranya merupakan paten asing dan juga lembaga pendidikan. Pembatalan paten dilakukan karena pengaju paten tidak membayar biaya pemeliharaan paten selama tiga tahun secara berturut-turut.

 

Saatnya Bantu Petani dan Berinvestasi Melalui Crowde

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid