logo


Simak, Peta Ikan Hias Indonesia

Jenis ikan hias yang mendominasi ekspor, yaitu Arwana, Platy, Baster, Koi, Nemo, Mandarin Fish, Banggai Cardinal dan lainnya.

6 September 2017 14:06 WIB

Pedagang melayani pembeli ikan hias di salah satu pusat penjualan ikan, Jakarta.
Pedagang melayani pembeli ikan hias di salah satu pusat penjualan ikan, Jakarta. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berdasarkan data statistik KKP, volume produksi ikan hias nasional tahun 2016 tercatat sebanyak 1,34 miliar ekor, di mana dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2012 - 2016) mengalami kenaikan rata-rata sebesar 16,53 persen. 

KKP menargetkan, tahun 2017 ini diproyeksikan mencapai 2,1 miliar ekor dan hingga tahun 2019 ditargetkan menjadi 2,5 miliar ekor. Sedangkan untuk ekspor berbagai jenis ikan hias dalam rentang tahun 2010 – 2016, yaitu rata-rata tumbuh 13,82 persen per tahun -- di mana ekspor ikan hias pada tahun 2016 sebesar 24,642 juta US$.  

Adapun, jenis ikan hias yang mendominasi ekspor, yaitu Arwana, Platy, Baster, Koi, Nemo, Mandarin Fish, Banggai Cardinal dan lainnya.Untuk mencapai target produksi ikan hias nasional tersebut, KKP akan menggenjot produksi pada sentra-sentra produksi ikan hias dan mengembangkan kawasan-kawasan potensial lainnya. 


KKP Tingkatkan Pengembangan Ikan Hias Asli Indonesia

Saat ini, sentral-sentral ikan hias nasional masih didominasi oleh Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Banten, Maluku dan Papua.

Dengan nilai Rp 579 miliar, Jawa Timur merupakan penyumbang terbesar nilai produksi ikan hias nasional, yaitu sebesar 20 persen dari total nilai produksi nasional pada tahun 2015 yang mencapai angka Rp 2,8 triliun. Di mana penyumbang terbesar berasal dari ikan hias air tawar lima spesies, yaitu Platy, Baster, Komet, Cupang dan Koi sebanyak 392 juta ekor. 

Sedangkan, ikan hias laut adalah ikan Nemo menempati posisi tertinggi dengan angka produksi sebesar 307 ribu ekor, disusul kemudian Kuda Laut, Mandarin Fish, Banggai Cardinal dan Blue Devil.   

Budidaya Ikan Hias Air Laut Skala Rumah Tangga, Wujud Kemandirian Bangsa

Halaman: 
Penulis : Riana,Yusran Edo Fauzi