logo


Bunga-Bunga Ini Bisa Disayur Nikmat

Bunga turi putih sudah lama menjadi menu sayuran bagi masyarakat Jawa Tengah.

18 Desember 2014 14:50 WIB

bunga yang bisa diolah jadi sayuran
bunga yang bisa diolah jadi sayuran

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di sekitar kita ternyata ada bunga-bunga yang selain sedap dipandang, juga bisa dikonsumsi sebagai sayur mayur. Rasanya sudah pasti nikmat.

Lalu apa sajakah bunga-bunga yang bisa disayur tersebut? Berikut adalah penjelasannya :

1. Bunga Turi Putih
Di Jawa Tengah, bunga turi putih sudah lama menjadi menu sayuran bagi banyak masyarakat. Kebanyakan bunga turi diolah dengan cara ditumis. Namun di beberapa daerah bisa menjadi sayur urap, dan pecel. Di Malaysia, bunga turi dimasak bersama santan. Nama masakanya ‘lemak pedas ayam dengan turi.’

2. Bunga Pepaya
Bunga pepaya adalah jenis bunga yang bisa disayur. Umumnya dilakukan oleh masyarakat Manado di Sulawesi. Masyarakat di Nusa Tenggara Timur pun sangat mengemari masakan bunga pepaya yang ditumis, diberi bumbu gulai santan, atau sebagai lalapan (bunga pepaya direbus terlebih dahulu).

Jika tidak suka dengan rasnya yang pahit, bunga pepaya ini sebelum diolah menjadi berbagai jenis masakan harus terlebih dahulu diremas-remas dengan sedikit garam. Remas saja sampai layu. Setelah terlihat layu bunga pepaya ini dicuci bersih sampai hilang getahnya. Setelah itu lakukan proses perebusan sampai bunga pepaya lembut atau empuk. Jika embuk, tiriskan dan dinginkan. Jika sudah dingin cuci dan peras kembali sebanyak dua tau tiga kali. Nah, bunga pepaya sudah tidak terlalu pahit lagi  dan siap diolah menjadi beragam masakan lezat.


Ini Dia Teknik Jitu Budidaya Sawi Pakcoy


3. Bunga Jantung Pisang
Bunga jantung pisang kepok dan jantung pisang batu sebelum diolah menjadi masakan harus direbus terlebih dahulu. Di Jawa, bunga jantung pisang diolah dengan cara di buat sayur lodeh, urap dan pecel. Namun tidak semua jantung pisang bisa diolah kecuali jantung pisang kepok dan pisang batu (pisang kelutuk).

Bagi masyarakat Pulau Sangir di Sulawesi Tenggara dan Flores di NTT, masakan bunga jantung pisang ini biasanya dicampur dengan bunga pepaya dan kemudian ditumis dengan bumbu rempah bawang putih, bawang merah dan cabai merah pedas.

4. Bunga Labuh Parang
Bunga labu parang yang bisa dijadikan masakan biasanya adalah bagian bunganya yang  masih menguncup. Cara pengolahannya adalah dengan ditumis tau menggunakan kuah santan. Masyarakat Eropa biasanya lebih menyukai masakan bunga labuh parang ini dengan digoreng bersama balutan tepung. Bunga ini kaya akan zat gizi yang tinggi, dan vitamin A.

5. Bunga Genjer
Bunga genjer adalah bunga yang terdapat pada tanaman genjer sejenis gulma yang hidup di areal persawahan. Bunga genjer ini biasanya ditumis dan diolah bersama dengan tempe atau teri.

6. Bunga  Kol
Bunga kol sangat enak untuk dibuat sayur sop. Bunga kol paling banyak dinikmati di Indonesia dan dianggap sebagai salah satu jenis sayuran.

7. Bunga Mawar dan Bunga Matahari
Orang Amerika Serikat dan daratan Eropa menyukai kelopak bunga mawar dan bunga matahari sebagai campuran salad yang lezat menggoda. (berbagai sumber)

 

Metode Jitu Budidaya Sayuran Hidroponik

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid