logo


Kasus Jonru, Polisi Masih Cari Unsur Pidananya

Dalam tulisan yang bermasalah tersebut, Jonru menyebut orang tua Presiden Jokowi tidak jelas asal-usulnya.

1 September 2017 15:10 WIB

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan polisi telah menerima laporan Muannas Al Aidid atas Jonru Ginting yang diduga melakukan penyebaran ujaran kebencian di media sosial.

Menurut keterangan Argo, pihaknya akan segera memproses dan menindaklankuti laporan tersebut sesuai prosedur yang berlaku, untuk menentukan apakah kasus tersebut memenuhi unsur pidana.

"Krimsus akan menyelidiki kasus itu. Kita juga akan panggil dan minta keterangan dari saksi. Nanti kita lihat apa memenuhi unsur pidana tau tidak," kata Argo, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (1/9).


Staf Kepresidenan: Masak Presiden Nanggepin Jonru?

Untuk diketahui, kejadian bermula dari tulisan di akun Facebook atas nama Jonru Ginting yang diduga menyebarkan ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo. Dalam tulisan yang bermasalah tersebut, Jonru menyebut orang tua Presiden ke-7 Republik Indonesia tersebut tidak jelas asal-usulnya.

Merasa perlu menegur Jonru lewat jalur hukum, seorang warganet bernama Muannas Al Aidid itu lah yang akhirnya mengambil langkah untuk melapor ke polisi.

Lebih lanjut, Argo mengatakan pihaknya masih perlu melakukan sejumlah pemeriksaan dan penelusuran terhadap akun tersebut untuk kemudian ditunjukkan kepada saksi ahli.

"Nanti kita periksa dulu tulisannya seperti apa, apakah ada pidananya. Saksi ahli ITE, saksi ahli pidana, dan saksi ahli Kejaksaan nanti yang menilai," pungkasnya.

Dipolisikan, Jonru Mengaku Siap Menjadi Infak untuk NKRI

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari