logo


Menag: Santunan untuk Korban Crane Sebentar Lagi Cair

Untuk diketahui kembali, sejumlah jemaah asal Indonesia turut menjadi korban jatuhnya crane di Masjidil Haram pada penyelenggaraan haji haji 1436H/2015M.

30 Agustus 2017 03:53 WIB

Menteri Agama Lukman Hakim.
Menteri Agama Lukman Hakim. Setkab

MAKKAH, JITUNEWS.COM - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menyampaikan kabar baik terkait dana santunan musibah crane. Menurutnya, dana tersebut akan segera cair dalam waktu dekat.

"Sebagaimana disampaikan Pak Dubes, alhamdulillah dalam waktu yang tidak lama lagi Pemerintah Saudi akan mencairkan santunan korban crane kepada seluruh ahli waris yang menjadi korban," kata Lukman, usai menghadiri acara Silaturahmi NU Sedunia di Hotel Arkan Bakkah, Mekah, Selasa (29/8).

Untuk diketahui kembali, sejumlah jemaah asal Indonesia turut menjadi korban jatuhnya crane di Masjidil Haram pada penyelenggaraan haji haji 1436H/2015M, tepatnya pada 11 September 2015. 


Lepas Jemaah Haji, Menag: Ibadah Mohon Diimbangi dengan Kondisi Kesehatan

Pemerintah Arab Saudi kemudian menjanjikan santunan bagi para korban sebesar SAR 1 juta atau sekitar Rp 3,5 miliar untuk korban meninggal dunia dan cacat permanen. Sementara itu, korban luka berat dan luka ringan akan mendapat SAR 500.000 atau sekitar Rp 1,75 miliar.

Kabar dari Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, bahwa ia telah menerima nota diplomatik terkait pencairan dana santunan tersebut. Saat ini, proses verifikasi telah selesai dan tinggal menunggu legalisasi dari pihak KBRI.

"Jadi sudah ada kepastian itu sebagimana disampaikan Dubes, tinggal menunggu hari pencairan itu karena segala sesuatunya sudah disiapkan," kata Lukman lagi.

Soal Temuan Rentenir Penukaran Riyal, Menag: Itu Merugikan Jemaah, Tolong Diatasi

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari