logo


Soal Divestasi Saham 51 Persen, Bos Freeport Bilang Begini..

Adkerson mengatakan bahwa pihaknya tidak keberatan dengan adanya divestasi 51% tersebut

29 Agustus 2017 14:43 WIB

CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson memberikan keterangan pers terkait progres perundingan pemerintah Indonesia dengan PT Freeport Indonesia di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/8).
CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson memberikan keterangan pers terkait progres perundingan pemerintah Indonesia dengan PT Freeport Indonesia di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/8). Jitunews/Latiko Aldilla DIrga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Freeport Indonesia telah sepakat untuk melakukan divestasi saham sebesar 51 persen. Kesepakatan ini adalah syarat agar perusahaan asal Amerika Serikat itu dapat tetap beroperasi di Indonesia hingga tahun 2041 mendatang.

CEO Freeport-McMoran, Richard Adkerson, mengatakan bahwa pihaknya tidak keberatan dengan adanya divestasi 51% tersebut. Ia pun mengaku, Freeport siap bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

"Karena itu adalah tujuan kita, berarti kita harus bersedia bekerja sama dan membangun smelter serta melakukan divestasi 51%. Kami siap bekerja sama dengan pemerintah untuk mencapai tujuan itu," ujar Adkerson di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Selasa (29/8).


51 Persen Saham Divestasi Freeport, Deal!

Menurutnya, meski telah disepakati divestasi sebesar 51 persen, yang sebelumnya hanya 9 persen, pihaknya akan tetap melakukan pembahasan perihal waktu pelaksanaannya.

"Kita masih punya pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai kompromi," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan disepakatinya perpanjangan masa operasi PT Freeport di Indonesia sampai tahun 2041 adalah hasil dari perundingan dan negosiasi yang berat dan ketat antara pemerintah dan PT Freeport.

"Setelah melalui serangkaian perundingan yang berat, akhirnya kedua belah pihak mencapai kesepakatan final pada pertemuan hari Minggu, tanggal 27 Agustus 2017 yang lalu," pungkasnya.

Pesan Jokowi ke Jonan, Urusan Freeport harus Untungkan Kepentingan Nasional

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana