logo


Kejahatan Saracen Mengarah ke Genosida

Situasi sosial yang rentan, kelompok intoleran yang eksis dan berpengaruh, hasrat berkuasa dengan menggunakan segala cara, membuat kelompok Saracen mendapatkan ceruk pasar yang luas

29 Agustus 2017 09:08 WIB

Ketua Setara Institute Hendardi.
Ketua Setara Institute Hendardi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Setara Institute, Hendardi, mengatakan, apa yang dilakukan kelompok Saracen merupakan kejahatan serius yang harus ditindak tegas, karena konten kebencian tersebut berdampak luas bahkan bisa mengarah pada genosida.

"Pekerjaan kelompok Saracen merupakan kejahatan serius karena implikasi yang ditimbulkan dari konten kebencian adalah ketegangan sosial, konflik, diskriminasi, xenophobia dan kekerasan," kata Hendardi di Jakarta, Senin (28/8/2017).

"Bahkan pertemuan kelompok ini dengan para avonturir politik yang berkeliaran di republik ini, jika dibiarkan, bisa mengarah kepada genosida," sambung Hendardi.


Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Saracen, Jokowi: Karena Berbahaya dan Mengerikan untuk NKRI

Ia pun menilai, Saracen mengafirmasi bahwa peningkatan turbulensi kebencian atas sesama dalam dinamika sosial politik setahun terakhir ini adalah by design.

"Situasi sosial yang rentan, kelompok intoleran yang eksis dan berpengaruh, hasrat berkuasa dengan menggunakan segala cara, membuat kelompok Saracen mendapatkan ceruk pasar yang luas," kata Hendardi.

Untuk itu, dengan adanya pengungkapan Saracen ini, Hendardi berharap bisa mengurangi dan mencegah kehadiran konten-konten kebencian di tengah masyarakat.

"Hal utama lain yang harus dilakukan adalah menghadirkan teladan elit, membangun kebijakan yang kondusif bagi promosi toleransi dan keberagaman, serta penegakan hukum yang adil atas setiap praktik intoleransi, diskriminasi, dan kekerasan yang berpusat pada kebencian atas dasar apapun," pungkas Hendardi.

Kecam Aksi Saracen, MUI: Itu Haram Hukumnya!

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×