logo


Imbauan Polri untuk Para Peretas Situs Malaysia Terkait Insiden Bendera Terbalik

Terlebih lagi untuk urusan bendera terbalik tersebut pihak yang bersangkutan pun telah menyampaikan permintaan maafnya.

23 Agustus 2017 01:38 WIB

Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto
Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, mengimbau masyarakat, terutama para peretas situs-situs Malaysia untuk menyikapi konflik Indonesia-Malaysia terkait insiden bendera terbalik di SEA Games 2017 dengan lebih bijak.

"Kita ini mengimbau ya. Kita ini kan bertetangga. Kalau misal ada masalah ya kurang bagus kan," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (22/8).

Menurutnya, sebagai bangsa di zaman yang telah semakin maju, ada baiknya masyarakat mampu melihat sebuah permasalahan dari sisi yang lebih positif. Terlebih lagi untuk urusan bendera terbalik tersebut pihak yang bersangkutan pun telah menyampaikan permintaan maafnya. 


Jengkel, Bambang Saptono Berkeliling dengan Pasang Bendera Malaysia Terbalik

Sejauh ini, Setyo mengatakan pihaknya masih melakukan pendekatan secara halus terlebih dahulu terhadap para peretas tersebut. Jika kondisi yang sama masih berlanjut, baru nantinya akan dilakukan penindakan.

"Kita lihat dulu nanti. Ada pendekatan keras dan juga pendekatan lunak. Untuk pendekatan lunak ya kita lakukan imbauan melalui jalur-jalur siber tubs kita. Kita lakukan penetrasi untuk sebarkan imbauan," ujarnya lagi.

Untuk diketahui kembali, buntut dari kekecewaan masyarakat Indonesia atas bendera terbalik di SEA Games 2017 adalah peretasan sejumlah situs di Malaysia. Pada halaman situs-situs tersebut, terpampang tulisan peringatan bahwa bendera Indonesia bukanlah mainan. Selain itu, para peretas juga memasang lagu "Indonesia Pusaka" sebagai pelengkap aksi tersebut.

Marahkah Malaysia Bila Benderanya Diganti Bendara Lain di Asian Games Nanti ?

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari